EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN ”SINETRON CINTA FITRI SEASON 5” TERHADAP SISWA-SISWI SMA NEGERI 2 PASAR KEMIS TANGERANG

KRISTANTI, ADI (2010) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN ”SINETRON CINTA FITRI SEASON 5” TERHADAP SISWA-SISWI SMA NEGERI 2 PASAR KEMIS TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Merebaknya tayangan sinetron distasiun televisi telah menjadikan tayangan tersebut sebuah tayangan andalan dari sebuah stasiun televisi. Sinetron-sinetron unggulan seperti diantaranya : sinetron Buku Harian Baim, Bayu Cinta Luna dan yang fenomenal karena memiliki eksistensi yang tinggi yaitu sinetron cinta fitri season 5. Berdasarkan latar belakang diatas dirumuskan dalam penelitian yaitu bagaimana efek kognitif dan afektif tayangan sinetron cinta fitri season 5 terhadap siswa-siswi SMA Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang. Alasan dipilihnya SMA Negeri 2 Pasar Kemis adalah merujuk pada sinetron yang diteliti yakni sinetron remaja yang khalayaknya berusia antara 15 sampai dengan 17 tahun, sehingga penulis memilih siswasiswi SMA Negeri 2 Pasar Kemis. Selain itu berdasarkan pra survey yang telah dilakukan terhadap siswa- siswi SMA Negeri 2 Pasar Kemis diantara mereka banyak yang telah menyaksikan sinetron cinta fitri season 5. Pada penelitian ini penulis memilih efek sebagai hal yang diteliti. Efek adalah salah satu elemen dalam komunikasi yang sangat penting untuk mengetahui berhasil tidaknya komunikasi yang kita inginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana efek kognitif dan afektif tayangan sinetron cinta fitri season 5 yang ditayangkan setiap hari pukul 20.30 sampai dengan pukul 22.00 WIB distasiun televisi SCTV. Penelitian ini menggunakan teori stimulus–respons, yang mengasumsikan bahwa kata-kata verbal (lisan- tulisan) isyarat- isyarat nonverbal, gambar- gambar dan tindakan- tindakan tertentu akan merangsang orang lain untuk memberikan respons dengan cara tertentu. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey. Data diperoleh di sekolah lanjutan atas Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang sebanyak 92 responden. Dan data primer diperoleh dengan kuisioner dan diolah menggunakan tekhnik purpossive sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton sinetron cinta fitri season 5. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini pada tahap efek kognitif sebanyak 100% responden memiliki pengetahuan tinggi. Pada tahap efek afektif sebesar 87% responden memberikap sikap yang positif terhadap sinetron cinta fitri season 5. Sedangkan saran yang diberikan untuk sinetron cinta fitri season 5 adalah khususnya remaja harus lebih bisa menilai suatu isi pesan dari sebuah tayangan agar setiap tayangan yang ditonton dapat menimbulkan dampak yang positif bagi remaja itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 174
Call Number: SK/41/10/018
NIM/NIDN Creators: 44105010022
Uncontrolled Keywords: TAYANGAN SINETRON
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Mar 2010 09:51
Last Modified: 24 May 2025 06:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item View Item