ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL TENTANG KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BAGIAN PRAKTEK DOKTER RS. PLUIT JAKARTA

SUGANDA, SUGANDA (2010) ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL TENTANG KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BAGIAN PRAKTEK DOKTER RS. PLUIT JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Jaringan komunikasi informal terbentuk secara sepontan,lebih santa, diluar struktur formal organisasi dan sifatnya yang informal membuat obrolan pun lebih pribadi. Jaringan komunikasi informal dalam menciptakan hubungan antara karyawan menjadi lebih akrab dan menimbulkan rasa solidaritas, dengan begitu jaringan tersebut dapat membantu organisasi menyelesaikan masalah internal organisasi. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana jaringan komunikasi informaltentang kepuasan kerja karyawan di Bagian Praktek Dokter RS. Pluit Jakarta. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja karyawan di bagian tersebut beserta peranan-peranan individu dan bentuk arus komunikasi atau model jaringan pada klik. Penelitian ini berdasarkan konsep-konsep yang berkaitan dengan jaringan komunikasi informal, yaitu kegunaan jaringan komunikasi informal, faktor terbentuknya saluran komunikasi informal,peran-peran individu yang ada di dalam jaringan komunikasi informal dan model-model klik yang ada di dalam pola arus komunikasi yang ada didalamnya. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis jaringan komunikasi. Kemudian penarikan sampel menggunakan total sampling, yaitu seluruh informasi diperoleh dari seluruh anggota populasi dilapangan berjumlah 27 orang dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian dilapangan menemukan jaringan komunikasi informal tentang kepuasan kerja karyawan yang ada di dalam bagian tersebut. Selain itu juga didapat peran-peranindividu dalam jaringan komunikasi informal yaitu, opinion leader, gate keper, kosmopolite, brige, liason, dan isolate. Di dalam jaringan ini terbentuk empat klik diantaranya klik model all channel, model wheel dan chain,dan 2 model circel. Perlu ketelitian dalam mengelola hasil penelitian dan perlu ada pengembangan aspek penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 022
Call Number: SK/42/10/040
NIM/NIDN Creators: 44205010021
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI - KEPUASAN KERJA
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2010 15:17
Last Modified: 18 May 2024 08:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item