PENERAPAN CSR DALAM PROGRAM COMMUNITY RELATIONS PADA PT. BAYER INDONESIA

SIAHAAN, ROMI JUMITA BORU (2010) PENERAPAN CSR DALAM PROGRAM COMMUNITY RELATIONS PADA PT. BAYER INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI RJBS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)

Abstract

Corporate Social Responsibilty (CSR) didefinisikan sebagai tanggung jawab perusahaan kepada para pemangku kepentingan untuk berlaku etis, meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan (triple bottom line) dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Community Relations merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations suatu perusahaan dengan community yang bertujuan untuk menjalin hubungan atau menciptakan hubungan baik dan berkesinambungan bagi kedua belah pihak. Berdasarkan anggapan diatas peneliti tertarik untuk mengetahui kegiatan CSR yang dijalankan oleh Public Relations (PR) PT Bayer Indonesia. PT Bayer selama ini sudah melaksanakan kegiatan CSR namun penulis tertarik untuk mengetahui secara pasti bentuk program dan aktivitas dari program CSR PT Bayer tersebut.. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan datanya adalah dengan wawancara mendalam (indepth interview) yang bertujuan untuk memperoleh data dan fakta atas kegiatan Community Relations yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil satu informan yang berkompeten dari PT Bayer Indonesia, satu orang tokoh masyarakat dan juga satu orang perwakilan dari pemerintah. Untuk analisa datanya menggunakan metode triangulasi untuk membandingkan hasil wawancara dari nara sumber PT Bayer Indonesia dengan satu orang tokoh masyarakat setempat dan juga satu orang perwakilan dari pemerintah. Program Community Relations yang dilakukan bertempat di wilayah sekitar Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Community Relations yang dilakukan PT Bayer Indonesia adalah kegiatan yang bersifat sponsorship dikarenakan keterbatasan SDM. Proposal-proposal dari masyarakat sekitar yang mengajukan sponsorship yang masuk ke perusahaan akan diseleksi dan yang sesuai dan sejalan dengan perusahaan terutama dalam hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan lingkungan maka akan diterima. Kemudian perusahaan akan bekerjasama dengan pihakpihak terkait baik dari pemerintahan maupun masyarakat setempat. Dalam pelaksanaan program, PT Bayer juga turut menurunkan karyawannya yakni pada program pembersihan kali.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 048
Call Number: SK/42/10/044
NIM/NIDN Creators: 44206110045
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI HUMAS
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2010 15:24
Last Modified: 19 Nov 2024 03:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item