EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PELANGGAN PADA LAYANAN 3G DI PT. TELKOMSEL JAKARTA

SUSANTI, ENDAH DWI (2010) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PELANGGAN PADA LAYANAN 3G DI PT. TELKOMSEL JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB V)
BAB I - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dan merupakan tanggung jawab seluruh bagian dari organisasi atau perusahaan. Kegiatan komunikasi secara khusus menjadi fokus utama dari Public Relations (PR). Pada perusahaan Telekomunikasi Selular (Telkomsel), fungsi dan peran PR dijalankan oleh Divisi Corporate Communication. Dengan adanya komunikasi yang berlangsung secara efektif di dalam suatu organisasi atau perusahaan maka akan berdampak terhadap pembentukan opini yang positif terhadap produk, layanan maupun oleh organisasi atau perusahaan tersebut. Berbagai macam aktivitas komunikasi memungkinkan akan adanya pengaruh terhadap pembentukan opini pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Divisi Corporate Communication terhadap pembentukan opini pelanggan pada layanan 3G di PT Telkomsel Jakarta. Penilaian efektivitas komunikasi pada penelitian ini terdiri dari faktor-faktor: 1) Kredibilitas sumber (Source Credibility) mencangkup Trust worthiness, Competence Expertise, Dynamism, Physical attractiveness, Similarities between the source and receiver, Proximity 2) Pesan (message) meliputi Salient Information, Effective non verbal cues, Effective verbal cues, Two-way communication 3) Penerima (receivers) terdiri dari Opinian Leader, Group Influence, Selective Exposure 4) Partisipasi audien (Audience Participatien) meliputi Feedback. Sedangkan penilaian pembentukan opini pelanggan pada penelitian ini terdiri dari faktor-faktor : 1) Tingkat kesadaran atau perhatian (awareness) mencangkup Build Awareness, 2) Pengetahuan (Knowledge) meliputi jenis pengetahuan, tingkat pengetahuan dan evaluasi konsumen. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang menjelaskan pengaruh efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Divisi Corporate Communication terhadap pembentukan opini pelanggan pada layanan 3G di PT Telkomsel Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey, jumlah populasinya adalah kurang lebih 970 orang dan sample 100 orang dengan menggunakan purposive sampling dimana penelitian ini tidak dilakukan pada seluruh populasi, tapi terfokus pada target. Penentuan sampel pada Purposive Sampling mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu yang telah dibuat terhadap obyek yang sesuai dengan tujuan penelitian dan disertai teknik analistik reliabilitas metode Belah Dua-Spearman Brown. Hasil sebesar 0, 534 menunjukan hubungan positif yang cukup berarti (sedang) dan kontribusi X terhadap Y sebesar 24,40% dan 75, 60% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Artinya, ada pengaruh antara efektivitas komunikasi terhadap pembentukan opini pelanggan pada layanan 3G di PT Telkomsel Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 023
Call Number: SK/42/10/053
NIM/NIDN Creators: 44206110096
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS KOMUNIKASI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 May 2010 15:22
Last Modified: 18 May 2024 08:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24390

Actions (login required)

View Item View Item