STRATEGI PUBLIC RELATION PT. TELEDATA INDONESIA DALAM MEMBANGUN KEMBALI REPUTASI PERUSAHAAN PASCA KRISIS MANAJEMEN

ELSISKA, MIA (2010) STRATEGI PUBLIC RELATION PT. TELEDATA INDONESIA DALAM MEMBANGUN KEMBALI REPUTASI PERUSAHAAN PASCA KRISIS MANAJEMEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELEDATA INDONESIA DALAM MEMBANGUN KEMBALI REPUTASI PERUSAHAAN PASC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu momen yang membuat peran Public Relations di Indonesia menonjol adalah masa krisis. Saat terjadi krisis biasanya perusahaan terancam reputasinya. Disaat terancam seperti ini, peran Public Relations sangat dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi yang menghubungkan antara perusahaan dan masyarakat. Dalam hal ini, langkah-langkah jitu atau strategi Public Relations Teledata Indonesia yang diluncurkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan Public Relations, sangat diperlukan untuk mengembalikan reputasi yg sempat hilang pasca krisis manajemen yang pernah terjadi pada perusahaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi Public Relations apa saja yang telah dilakukan Teledata Indonesia dalam usahanya membangun kembali reputasi perusahaan pasca krisis manajemen tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif deskriptif ini adalah studi kasus (study case) dan wawancara mendalam (interview), dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengapa dan bagaimana, untuk mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan dan untuk mengetahui pristiwa-pristiwa yang akan diselidiki. Hasil dari penelitian setelah melalui proses wawancara mendalam dengan beberapa narasumber antara lain Marketing komunikasi Teledata, Customer perusahaan dan Principal yaitu Alcatel, disimpulkan bahwa krisis berawal dari masalah internal yang merembet sampai ke Publik yang mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan, hilangnya kepercayaan customer dan juga principal. Proses penyelesaian krisisnya dilakukan dengan berbagai stategi Public Relations yang terdiri dari beberapa tahap. Dimulai dari membentuk devisi baru yaitu Marketing Communication, memfokuskan penjualan lebih kepada kepuasaan pelanggan dengan menyediakan customer service line, event-event perusahaan untuk publik eksternal perusahaan maupun publik internal perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 009
Call Number: SK/42/10/062
NIM/NIDN Creators: 44206110103
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PR
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 May 2010 14:28
Last Modified: 18 May 2024 07:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item