PERAN SCRIPT WRITER DALAM PROGRAM DOKU-DRAMA DI GLOBAL TV (STUDI KASUS PROGRAM "AYAHKU HEBAT" EPISODE BATIK)

WAHYUNI, TRI (2010) PERAN SCRIPT WRITER DALAM PROGRAM DOKU-DRAMA DI GLOBAL TV (STUDI KASUS PROGRAM "AYAHKU HEBAT" EPISODE BATIK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Pada dasarnya semua stasiun televisi membutuhkan adanya Script Writer di dalam produksi yang berkaitan untuk membuat script, rundown, dan alur cerita yang menarik agar ditonton audience tidak terlihat membosankan serta untuk mengembangkan dan memberikan sajian yang lebih menarik agar dapat dinikmati audience dan mendapatkan rating yang tinggi. Yang dimana dalam penulisan ini dikhususkan dalam suatu jenis program Doku-Drama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Scrip Writert dalam program doku-drama di televisi. ( Studi kasus program Ayahku Hebat episode Batik di Global TV ). Sehubungan dengan tugas dan seberapa penting peran Script Writer dalam penulisan serta konsep ide dalam program Ayahku Hebat. Penelitian ini menggunakan deskriptif yang bersifat studi kasus. Kajian yang dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancawa mendalam pada semua narasumber ( key informan ) yang berhubungan dengan objek objek yang penulisan dan berkompeten dibidangnya masing-masing. Hasilnya penulis menemukan bahwa peran Script Writer dalam program doku-drama di televisi. ( Studi kasus program Ayahku Hebat Episode Batik di Global TV ). adalah: (1) Script Writer dalam perencanaan produksi lebih mencari tema, lalu dikemas hingga menarik audience, tetapi harus ada persetujuan dari Producer. (2) Dalam berpikir kreatif biasanya dari proses interview langsung dengan narasumber dan dari survey tempat,(3) Script Writer menjadi sarana komunikasi paling utama karena ia yang buat semua konsep cerita dan script, namun itu semua harus saling berkoordinasi dengan Producer dan Assistant Producer serta komunikasi diantaranya itu harus lebih kuat. (4) Apa yang dibuat oleh Script Writer tidak selalu harus beracuan dengan jadwal, jadi tergantung kebutuhan saja.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 120
Call Number: SK/41/10/100
NIM/NIDN Creators: 44106010086
Uncontrolled Keywords: PERAN SCRIPT
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Aug 2010 11:11
Last Modified: 23 May 2025 06:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item