WAHYUNI, TRI (2010) PERAN SCRIPT WRITER DALAM PROGRAM DOKU-DRAMA DI GLOBAL TV (STUDI KASUS PROGRAM "AYAHKU HEBAT" EPISODE BATIK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
Abstract
Pada dasarnya semua stasiun televisi membutuhkan adanya Script Writer di dalam produksi yang berkaitan untuk membuat script, rundown, dan alur cerita yang menarik agar ditonton audience tidak terlihat membosankan serta untuk mengembangkan dan memberikan sajian yang lebih menarik agar dapat dinikmati audience dan mendapatkan rating yang tinggi. Yang dimana dalam penulisan ini dikhususkan dalam suatu jenis program Doku-Drama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Scrip Writert dalam program doku-drama di televisi. ( Studi kasus program Ayahku Hebat episode Batik di Global TV ). Sehubungan dengan tugas dan seberapa penting peran Script Writer dalam penulisan serta konsep ide dalam program Ayahku Hebat. Penelitian ini menggunakan deskriptif yang bersifat studi kasus. Kajian yang dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancawa mendalam pada semua narasumber ( key informan ) yang berhubungan dengan objek objek yang penulisan dan berkompeten dibidangnya masing-masing. Hasilnya penulis menemukan bahwa peran Script Writer dalam program doku-drama di televisi. ( Studi kasus program Ayahku Hebat Episode Batik di Global TV ). adalah: (1) Script Writer dalam perencanaan produksi lebih mencari tema, lalu dikemas hingga menarik audience, tetapi harus ada persetujuan dari Producer. (2) Dalam berpikir kreatif biasanya dari proses interview langsung dengan narasumber dan dari survey tempat,(3) Script Writer menjadi sarana komunikasi paling utama karena ia yang buat semua konsep cerita dan script, namun itu semua harus saling berkoordinasi dengan Producer dan Assistant Producer serta komunikasi diantaranya itu harus lebih kuat. (4) Apa yang dibuat oleh Script Writer tidak selalu harus beracuan dengan jadwal, jadi tergantung kebutuhan saja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 120 |
Call Number: | SK/41/10/100 |
NIM/NIDN Creators: | 44106010086 |
Uncontrolled Keywords: | PERAN SCRIPT |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 11:11 |
Last Modified: | 23 May 2025 06:46 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |