Remadhani, Mega Aprina (2010) Manifestasi Ideologi Visualisasi Opening Billboard Bumper (OBB) Program Televisi di Daai TV (program refleksi,program buletin internasional dan program guest room). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
Abstract
Ideologi tidak hanya mendiami sektor ekonomi saja, namun keseluruhan tatanan kehidupan masyarakat. Tak terkecuali seni dan media massa menjadi alat peyebar ideologi, yang oleh Louis Althusser disebut sebagai ideology state apparatus (ISA). Dan Opening Billboard Bumper (OBB) sebagai produk komunikasi visual memiliki makna sebagai pesan dan visual sebagai pembawa pesan dapat menjadi saluran ideologi sebuah institusi televisi. DAAI TV menjadi salah satu media yang dapat memperlihatkan ideologi yang tersembunyi dibalik teks-teks medianya. Karena DAAI TV sebagai media penyebar cinta kasih universal dan dapat menjernihkan hati para permisanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manifestasi ideologi dalam visualisasi OBB program televisi di DAAI TV. Dalam bidang desain dan komunikasi, pembacaan atau penciptaan objek atau karya visual dilakukan dengan semiotika, karena kecenderungan akhir-akhir ini dalam wacana desain adalah melihat objek atau karya visual sebagai fenomena bahasa, yang didalamnya terdapat tanda (sign), pesan yang ingin dismpaikan (message), aturan atau kode yang mengatur (code) serta orangorang yang terlibat didalamnya sebagai subjek bahasa (audience, reader, user). Dan dimensi semiotika komunikasi digunakan untuk membongkar ideologi yang tersembunyi dalam OBB program televisi di DAAI TV. Memaknai teks-teks tersebut tidak hanya pada tataran sintatik saja, melainkan pada tataran semantik dan pragmatik. Karena ideologi menurut Raymond Wiliams merupakan sistem produksi makna atau dengan kata lain, ideologi adalah hasil atau produk proses pemaknaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan studi kasus jamak dengan single level analysis dimana masalah penelitian ini adalah manifestasi ideologi pada visualisasi OBB program televisi di DAAI TV dengan kasus OBB Program Refleksi, OBB Program Bulletin Internasional, dan OBB Program Guest Room. Hasil penelitian menunjukan ketiga OBB tidak hanya merepresentasikan program masing-masing, tetapi juga merepresentasikan ideologi yang tersembunyi dalam DAAI TV, yaitu ideologi Budhisme yang diajarkan Master Cheng Yen. Hal ini dilakukan dengan cara kekerasan simbol (symbolic power), yaitu penyebaran ideologi dilakukan dengan cara sangat halus, sehingga masyarakat menerima hal tersebut bukan sebagai pemaksaan yang mendominasi masyarakat.
Actions (login required)
View Item |