CHRISTINE, MEILVANNY (2010) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM DAHSYAT DI RCTI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
![]() |
Text (BAB5)
Bab V(1).pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daft Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
Abstract
Tayangan musik merupakan program acara yang sangat diminati masyarakat baik itu golongan kelas menengah ke bawah maupun kelas menengah ke atas. Tayangan ini merupakan sebuah tayangan mengenai informasi deretan tangga lagu yang hits di Indonesia, khususnya lagu karya anak bangsa sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi produksi program Dahsyat di RCTI pada periode Februari 2010 Dalam sebuah produksi memerlukan strategi untuk mencapai target sasaran yang diharapkan oleh perusahaan media agar dapat mempertahankan programnya. Strategi dalam bidang produksi terdapat pada tahapan proses pra produksi (Planning) ,proses produksi (Organizing, Actuating, Controlling) hingga pasca produksi (Evaluating) Serta menggunakan analisis SWOT yang digunakan untuk mengkaji bagaimana Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan) yang terdapat dari dalam dan Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman) yang berasal dari luar. Tipe dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan yaitu studi kasus (case studi) dengan wawancara secara mendalam (indepth interview). Adapun narasumber (Key Informan) dalam penelitian terdiri dari empat orang yaitu Eksekutif Produser, Produser, Tim Kreatif, dan Host Program Dahsyat. Teknis analisi data yang digunakan adalah triangulasi agar dapat memenuhi keabsahan data yang diteliti. Pada penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan pada tahapan produksi sebuah program harus mempunyai strategi guna memenuhi tujuan untuk keberhasilan program tersebut.Pada program Dahsyat ada tahap proses Pra Produksi yang dilakukan oleh Tim Produksi yaitu rapat internal untuk menyusun jadwal artis, gimmick, budget,videoklip, chart. Tahap Produksi melakukan Live On-Air berdurasi 2 jam dari jam, adanya live performance artist, video klip, chart, audience,kamera,audio. Tahap Pasca Produksi tim melakukan evaluasi dengan mengevaluasi kesalahan ynag terjadi disaat siaran. Strategi yang digunakan yaitu adanya isi content yang berbeda yaitu adanya Dahsyatnya Radio yaitu siaran dengan The Global Radio yang dapat mengjangkau khalayak secara menyebar, Dahsyatnya Sekolah, Dahsyatnya Kantor, Dahsyatnya Pasar, Dahsyatnya Berbagi dan Dahsyatnya Indonesia adanya sajian kebudayaan Indonesia dalam satu segmentnya. Dalam pengkajian analisis untuk kelemahan adalah terletak pada studio yang digunakan tidak dapat memenuhi kapasitas penonton yang begitu banyak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 003 |
Call Number: | SK/41/10/124 |
NIM/NIDN Creators: | 44106010188 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PRODUKSI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 25 Oct 2010 11:37 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |