PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP INFORMASI MELALUI RUNNING TEXT Di TAYANGAN BERITA METRO TV

KAPARANG, REDEMPTORA ANASTASIA YULIETA (2010) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP INFORMASI MELALUI RUNNING TEXT Di TAYANGAN BERITA METRO TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstraksi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Berita adalah sumber informasi bagi masyarakat. Penyampaian berita kepada masyarakat masih sangat terbatas karena terbentur waktu siaran yang sempit. Untuk memecahkan persoalan tersebut, lahirlah sistem baru yaitu “running text” atau text berjalan pada program acara berita, salah satunya di stasiun televisi swasta Metro TV. Running text memiliki kelebihan hemat, efisiensi dan lebih banyak menginformasikan berita kepada masyarakat tanpa terbentur waktu siaran yang singkat dan kelemahan karena frekuensinya nya terlalu cepat menyebabkan masyarakat membutuhkan konsentrasi untuk memahami isi berita pada running text.. Oleh sebab itu persepsi masyarakat terhadap Informasi Melalui Running Text di Tayangan Berita ini perlu diteliti karena dapat dijadikan acuan oleh stasiun televisi apakah format “running text” yang ada sudah cukup efektif dalam penyampaian informasi. Dalam Psikologi komunikasi mengacu kepada 3 hal yaitu bagaimana audiens memperoleh, mentransformasikan, mempresentasikan, menyimpan informasi; bagaimana informasi dapat merebut perhatian audiens dan bagaimana audiens merespon informasi yang di terima. Untuk mengolah sebuah informasi yang diterima, audiens membutuhkan 3 (tiga) tahap proses yaitu : Perhatian, Penafsiran dan Pengetahuan. Persepsi masing-masing khalayak ada kemungkinan berbeda-beda ini dipengaruhi oleh faktor pengalaman, kebudayaan, lingkungan dan lain-lain hal tersebut dijelaskan pada teori tradisi komunikasi semiotika yaitu studi mengenai komunikasi sebagai proses membagi makna melalui tanda. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dimana penulis mengumpulkan informasi dari responden dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden yang menonton ”Program Berita di Metro TV”. Responden dipilih berdasarkan “Stratified Random Sampling”. Hasil analisa data menyatakan bahwa ”Persepsi khalayak terhadap Informasi melalui running text di Tayangan Program Berita Metro TV ” adalah positif. Hal ini dilihat dari penilaian 75% responden yang berada pada kategori positif pada tabel akumulasi perhatian, penafsiran dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 184
Call Number: SK/41/10/167
NIM/NIDN Creators: 44105110017
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Dec 2010 09:09
Last Modified: 24 May 2025 04:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23888

Actions (login required)

View Item View Item