Analisis Semiotika Logo Pada Stasiun Televisi Global TV Tahun 2006 Dan 2008

Citra, Siti Fathiya Rahma (2010) Analisis Semiotika Logo Pada Stasiun Televisi Global TV Tahun 2006 Dan 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Semua perusahaan atau organisasi manapun membutuhkan sebuah logo untuk memberikan identitas perusahaan, sehingga semua perusahaan memiliki atau membuat logo untuk perusahaan tersebut. Sehingga identitas perusahaan bisa diketahui oleh masyarakat luas. Logo adalah suatu media atau alat komunikasi yang didalamnya terdapat unsur bentuk logo, warna dan tipografi yang bisa memberikan identitas logo tersebut. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis tanda dan lambang pada logo globaltv tahun 2006 dan logo globaltv tahun 2008. Dan sebagai tujuan Penelitiannya adalah untuk mengetahui tanda dan lambang logo globaltv tahun 2006 dan logo globaltv tahun 2008 dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sander Peirce dan mengetahui perubahan bentuk, warna, tipografi pada logo globaltv tahun 2006 dan logo globaltv tahun 2008. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskripstif, metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis semiotika, teknik pengumpulan data dengan teknik pengamatan non partisipasi tak berstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanda dan lambang pada logo globaltv tahun 2006 dan logo globaltv tahun 2008 dianalisis kedalam segitiga makna peirce yaitu pertama hubungan penalaran dengan jenis petandanya (Qualisigns, Sinsigns, Legisign), kedua hubungan kenyataan dengan jenis dasarnya (Icon, Index, Symbol), dan ketiga hubungan pikiran dengan jenis petandanya (Rheme, Decisign, Argument). Dan logo yang baik itu dengan memperhatikan yaitu Original dan Deatinctive atau memiliki nilai kekhasan, keunikan, dan daya pembeda yang jelas, Legible atau memiliki tingkat keterbacaan yang cukup tinggi, Simple atau sederhana, dengan pengertian mudah untuk ditangkap dan dimengerti, Memorable atau cukup mudah untuk diingat, karena keunikannya, Easily associated with the company, dimana logo yang baik akan mudah dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usaha dan citra suatu perusahaan atau organisasi, semua itu bisa dilihat pada bentuk logo, warna, tipografi. jika terdapat kerancuan pada warna berilah warna yang solid.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/VC. 10 002
Call Number: SK/44/10/020
NIM/NIDN Creators: 44406010006
Uncontrolled Keywords: Televisi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Dec 2010 10:38
Last Modified: 15 Jan 2025 02:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23855

Actions (login required)

View Item View Item