PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA TAMAN KANAK-KANAK (The Effect of Social Skilled Training Toward Aggressive Behavior of Kindergarten Students)

LUTHFI, MUHAMMAD (2010) PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA TAMAN KANAK-KANAK (The Effect of Social Skilled Training Toward Aggressive Behavior of Kindergarten Students). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji apakah pelatihan keterampilan sosial dapat menurunkan agresivitas anak dengan rentang usia 4-5 tahun. Subjek penelitian (N=20) adalah anak TK A (10 anak kelompok eksperimen 10 anak kelompok kontrol). Data diperoleh melalui pengamatan kelas catatan harian (anekdot) guru, dan wawancara. Materi pelatihan difokuskan pada keterampilan dasar interaksi sosial, keterampilan mengeksprsikan perasaan/emosi, keterampilan hubungan sosial, dan keterampilan mengelola konflik. Pelatihan diberikan selama 1 bulan, 2 kali pertemuan tiap minggu, dengan durasi waktu 45 menit untuk tiap pertemuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan T Tes Sampel Independen. Hasil penelitian menunjukkan nilai bermakna, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dan khususnya dimensi keterampilan mengekspresikan perasaan/emosi dan keterampilan mengelola konflik merupakan dimensi keterampilan sosial yang sangat berperan dalam menurunkan tingkat agresivitas anak

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 10 003
Call Number: SP/61/10/010
NIM/NIDN Creators: 46106020017
Uncontrolled Keywords: Prilaku Agresif
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Jan 2011 14:42
Last Modified: 27 Nov 2025 07:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23701

Actions (login required)

View Item View Item