STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM “SATU INDONESIA” MELALUI KEGIATAN ENVIRONMENT AND SOCIAL RESPONSIBILITY

BETHARIA, YUNITA (2010) STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM “SATU INDONESIA” MELALUI KEGIATAN ENVIRONMENT AND SOCIAL RESPONSIBILITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hubungan yang harmonis dengan komunitas sangat penting bagi perusahaan, agar tidak terjadi suatu konflik yang berkepanjangan dengan komuniti setempat, yang dapat mengganggu kelancaran usaha. Komunitas merupakan salah satu publik eksternal yang juga sangat mendukung keberadaan suatu perusahaan dan secara langsung maupun tidak langsung turut menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu kegiatan kehumasan yang dilakukan perusahaan. Kegiatan tersebut adalah berupa Corporate and Social Responsibility (CSR) terhadap komuniti. Public Relations (PR) merupakan wakil dari perusahaan berkewajiban mempertahankan hubungan yang harmonis dengan publik eksternalnya, dalam hal ini adalah komunitas masyarakat. Salah satu kegiatan PR PT Astra International Tbk dengan komunitasnya adalah melalui program SATU Indonesia yang didukung dengan berbagai kegiatan CSR. SATU Indonesia merupakan program penyemangat persatuan Grup Astra sebagai karyawan maupun anak bangsa yang terpadu untuk kemajuan serta persatuan Indonesia menuju bangsa yang sejahtera dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Corporate Communications PT Astra International Tbk dalam melaksanakan program “SATU Indonesia” melalui kegiatan Environment and Social Responsibilities. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dua narasumber dan didukung oleh berbagai data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan di wilayah Leuwiliang Bogor telah berjalan dengan sangat baik, hal ini terlihat dari prestasi yang diraih baik oleh para guru pengajar maupun murid-murid yang menerima bantuan dari PT Astra International Tbk. Sehingga masyarakat sekitar pun memberikan respon sangat positif terhadap program ini dan menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang dapat mengembangkan perekonomian daerahnya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa PT Astra International Tbk melalui program SATU Indonesia telah menunjukkan perwujudan dari salah satu butir Catur Dharma, yakni menjadi asset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 105
Call Number: SK/42/10/132
NIM/NIDN Creators: 44208110129
Uncontrolled Keywords: Strategi Corporate communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Jan 2011 10:30
Last Modified: 17 Sep 2025 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item