ARISSANDY, ADIKA (2010) EFEK KOMUNIKASI KEGIATAN PUBLIC RELATIONS PT. ASTRA HONDA MOTOR (AHM) DALAM MENGELOLA BRAND IMAGE HONDA BEAT DI MATA KONSUMEN PERUMAHAN BUMI SERPONG DAMAI (BSD). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
fdf.Adika Arrisandy (04203-068) Univ.Mercu Buana.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
Abstract
Citra atau image yang baik adalah suatu tujuan yang sangat diharapkan oleh sebuah perusahaan/organisasi. Dalam sebuah organisasi, baik atau tidaknya citra produk atau brand image sangat tergantung bagaimana Public Relations organisasi tersebut dapat mengelolanya dengan baik. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh Public Relations dalam mengelola brand image, tetapi belum tentu menimbulkan opini yang baik di mata konsumen. Salah satu perusahaan yang menggunakan kekuatan public relations dalam mengelola brand image produknya adalah PT. Astra Honda Motor dengan merek Honda Beat. Sehingga timbul pertanyaan bagaimana efek komunikasi kegiatan Public Relations PT. Astra Honda Motor (AHM) dalam mengelola citra perusahaan di mata para konsumen, terutama di daerah perumahan yang banyak terdapat komunitas pemakai Honda Beat. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Efek Komunikasi Kegiatan Public Relations PT. Astra Honda Motor (AHM) dalam mengelola Brand Image Honda Beat Di mata Konsumen Perumahan Bumi Serpong Damai (BSD). Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep efektivitas yang mengukur tentang Brand Image yang dikemukakan oleh Fiske dan Hartley, yakni Awareness, Knowledge, Liking, Reference dan Conviction. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey, dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive, dikarenakan populasi pada perumahan Bumi Serpong Damai berstrata dilihat dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan, dan jumlah sampel yang didapat adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan mengenai Efek Komunikasi Kegiatan Public Relations PT. Astra HondaMotor (AHM) dalam mengelola Brand Image Honda Beat Di mata Konsumen Perumahan Bumi Serpong Damai ( BSD) berdasarkan perhitungan weight mean score hasilnya adalah 76,076% yang berarti efektivitas kegiatan Public Relations dalam mengelola brand image adalah baik atau positif walaupun belum sampai pada tahap sangat baik. Untuk pencapaian efek komunikasi yang lebih baik dalam mengelola brand image maka sebaiknya Public Relations PT. Astra Honda Motor (AHM) lebih memperkuat lagi data base konsumen yang ada, agar pada saat akan melaksanakan kegiatan pameran atau special event, public relations dapat memberitahu secara langsung para konsumen melalui e-mail atau Short Message Service sehingga akan lebih banyak konsumen yang mengetahui berbagai kegiatan yang diadakan oleh public relations PT. Astra Honda Motor (AHM) tersebut serta menghadirinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 10 043 |
Call Number: | SK/42/10/031 |
NIM/NIDN Creators: | 04203-068 |
Uncontrolled Keywords: | Efek Komunikasi, Public Relations, PT. Astra Honda Motor, AHM, Brand Image, Honda Beat, Konsumen, Pe |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 11:12 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:03 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22172 |
Actions (login required)
View Item |