SAYEKTI, YOHANA SRI (2012) EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL MAJALAH DINDING DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA KARYAWAN PT CAKRAWALA ANDALAS TELEVISI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
HAL COVER.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (67kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text (DAFATAR PUSTAKA)
HAL DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
Abstract
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi karyawan perlu mendapat perhatian khusus dari pihak manajemen dalam usaha membangun hubungan baik antara perusahaan dengan karyawannya. Hal ini akan menjadi sangat efektif apabila pemilihan media internal yang digunakan dan pesan yang disampaikan, berkualitas dan tepat sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauhmana efektivitas media internal majalah dinding dalam memenuhi kebutuhan informasi pada karyawan PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), Jakarta. Proporsi populasi berjumlah 1.229 orang dengan sampel 275 orang. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka yang diterbitkan. Untuk teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling (Sampling Acak Sederhana) dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden menjawab setuju, artinya penampilan majalah dinding memiliki daya tarik fisik; daya tarik pesan; daya tarik kuantitas; serta majalah dinding dapat memenuhi kebutuhan informasi di tingkat kognitif; kebutuhan tingkat afektif; kebutuhan integrasi personal; kebutuhan integrasi sosial; dan kebutuhan berkhayal. Skor semua dimensi tersebut di atas masuk dalam kategori sangat efektif yaitu berkisar 115,21 sampai 122,37. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media internal majalah dinding SANGAT EFEKTIF sebagai media komunikasi internal serta dapat memenuhi kebutuhan informasi karyawan ANTV. Namun saran peneliti kepada bagian Internal Public Relations ANTV yaitu supaya lebih meningkatkan kreatifitas dan kualitas pesan yang disampaikan baik isi pesan, gaya penulisan dan aktualisasi informasi. Selain itu agar memberikan informasi yang dapat memenuhi kebutuhan integrasi sosial bagi karyawan. Dengan demikian maka majalah dinding akan semakin dicintai karena menarik dan sekaligus dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi semua karyawan ANTV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 130 |
Call Number: | SK/42/12/130 |
NIM/NIDN Creators: | 44210110038 |
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL MAJALAH DINDING DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA KARYAWAN PT CAKR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 27 Oct 2012 10:52 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |