LIAWATI, LIDYA (2012) DINAMIKA PERILAKU ANAK AUTISME DALAM BERSOSIALISASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Isi_cover_459473443428.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_582176101809.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Isi1560413688371.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
|
Text (BAB II)
Isi2188162435835.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
|
Text (BAB III)
Isi3739817916559.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text (BAB IV)
Isi4953667415676.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
|
Text (BAB V)
Isi5451792964518.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka493295089543.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
Abstract
Proses pertumbuhan dan perkembangan setiap anak bervariasi dimana mereka melewati setiap fase kehidupan yang merentang dan mengalami perubahan serta perbedaan baik dalam perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosi dan sosial. Dinamika sosial ini yang menjadi pokok penelitian terhadap anak yang mengalami gangguan autisme yang berbeda dengan anak pada umumnya. Autisme adalah suatu keadaan dimana anak berbuat semaunya sendiri, baik secara berfikir maupun berperilaku. Keadaan ini biasanya mulai terjadi sejak usia 2-3 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan perilaku anak autisme dalam membangun hubungan sosial di lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada tiga ibu subjek penelitian dan observasi yang dilakukan pada tiga anak autisme sebagai subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan atau kematangan pribadi dari tiga subjek dalam memasuki lingkungan baru memerlukan waktu yang tidak sama. Ada dari mereka yang memasuki lingkungan baru didahului dengan orientasi tempat berulang-ulang seperti dalam memasuki dunia sekolah serta ada yang telah memiliki kesiapan yang matang sehingga dalam memasuki lingkungan baru tidak menemukan adanya hambatan. Perkembangan bahasa yang dimiliki oleh ketiga subjek berlainan sehingga untuk menjalin hubungan sosial di lingkungan mereka mulai dari rumah, sekolah, dan dengan teman sebaya terlihat berbeda dalam berinteraksi. Interaksi yang dibangun terus menerus akan membawa pengaruh yang positif bagi perkembangan perilaku anak autisme. Kasih sayang orang tua membawa peranan penting dalam memperkenalkan anak autisme pada lingkungan yang baru. Orang tua yang terbuka dan memiliki tujuan untuk melatih anak ke arah yang mandiri sangat antusias dalam melatih anaknya untuk bersosialisasi, namun bagi orang tua yang tertutup, akan merasa nyaman bila anaknya lebih banyak berada di dalam rumah.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FP/PSI. 12 019 |
| Call Number: | SP/61/12/019 |
| NIM/NIDN Creators: | 46108110023 |
| Uncontrolled Keywords: | Autisme, perilaku, sosialisasi |
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 21 Sep 2012 16:39 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:17 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
