DINAMIKA PERILAKU ANAK AUTISME DALAM BERSOSIALISASI

LIAWATI, LIDYA (2012) DINAMIKA PERILAKU ANAK AUTISME DALAM BERSOSIALISASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi_cover_459473443428.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_582176101809.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Isi1560413688371.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
Isi2188162435835.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3739817916559.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4953667415676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB V)
Isi5451792964518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka493295089543.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Proses pertumbuhan dan perkembangan setiap anak bervariasi dimana mereka melewati setiap fase kehidupan yang merentang dan mengalami perubahan serta perbedaan baik dalam perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosi dan sosial. Dinamika sosial ini yang menjadi pokok penelitian terhadap anak yang mengalami gangguan autisme yang berbeda dengan anak pada umumnya. Autisme adalah suatu keadaan dimana anak berbuat semaunya sendiri, baik secara berfikir maupun berperilaku. Keadaan ini biasanya mulai terjadi sejak usia 2-3 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan perilaku anak autisme dalam membangun hubungan sosial di lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada tiga ibu subjek penelitian dan observasi yang dilakukan pada tiga anak autisme sebagai subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan atau kematangan pribadi dari tiga subjek dalam memasuki lingkungan baru memerlukan waktu yang tidak sama. Ada dari mereka yang memasuki lingkungan baru didahului dengan orientasi tempat berulang-ulang seperti dalam memasuki dunia sekolah serta ada yang telah memiliki kesiapan yang matang sehingga dalam memasuki lingkungan baru tidak menemukan adanya hambatan. Perkembangan bahasa yang dimiliki oleh ketiga subjek berlainan sehingga untuk menjalin hubungan sosial di lingkungan mereka mulai dari rumah, sekolah, dan dengan teman sebaya terlihat berbeda dalam berinteraksi. Interaksi yang dibangun terus menerus akan membawa pengaruh yang positif bagi perkembangan perilaku anak autisme. Kasih sayang orang tua membawa peranan penting dalam memperkenalkan anak autisme pada lingkungan yang baru. Orang tua yang terbuka dan memiliki tujuan untuk melatih anak ke arah yang mandiri sangat antusias dalam melatih anaknya untuk bersosialisasi, namun bagi orang tua yang tertutup, akan merasa nyaman bila anaknya lebih banyak berada di dalam rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 12 019
Call Number: SP/61/12/019
NIM/NIDN Creators: 46108110023
Uncontrolled Keywords: Autisme, perilaku, sosialisasi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Sep 2012 16:39
Last Modified: 27 Nov 2025 03:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item