Perancangan Konsep Media Komunikasi Visual Untuk Mendukung Kampanye Sosial Aksi Donor Darah PMI Jakarta Tahun 2012.

Soeharto, Soeharto (2012) Perancangan Konsep Media Komunikasi Visual Untuk Mendukung Kampanye Sosial Aksi Donor Darah PMI Jakarta Tahun 2012. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)

Abstract

Darah adalah salah satu bagian terpenting di dalam tubuh makhluk hidup. Kebutuhan darah yang semakin meningkat dikarenakan kurangnya kesadaran dan keinginan masyarakat untuk melakukan donor darah. Oleh karena itu perlu adanya media komunikasi visual yang mampu mendukung kegiatan kampanye sosial aksi donor darah untuk mensosialisasikan dan menarik minat untuk ikut serta dalam “aksi donor darah”. Komunikasi visual adalah komunikasi menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual adalah sesuatu yang dapat dilihat dan dapat dipakai untuk menyampaikan arti, makna, atau pesan, komunikasi ini menggunakan mata sebagai alat penglihatan. Maka, dengan pengetahuan mengenai ilmu komunikasi visual yang telah dipelajari, penulis mencoba merancang sebuah media komunikasi visual untuk mendukung kegiatan kampanye sosial aksi donor darah. Pembuatan media kampanye sosial disesuaikan dengan tema masing-masing berdasarkan target audiens kampanye. Media kampanye UDD Trisakti, mengacu pada target audiensnya yaitu mahasiswa konsep perancangan media kampanye ini dibuat lebih “fun”. Media kampanye UDD Senayan City konsep perancangan dibuat lebih modern dan elegan. Media kampanye UDD Tanah Abang, target audiensnya adalah masyarakat dengan kelas sosial menengah kebawah, dengan demikian konsep perancangan media kampanye dibuat sederhana dengan isi pesan yang mudah dicerna. Teknik pembuatan media komunikasi kampanye sosial pada media utama dan media pendukung pada kampanye sosial ini melalui 4 (empat) proses tahapan, yaitu sketsa awal, eksekusi visual, perancangan, dan proses cetak pada poster, flyer, brosur/leaflet, pin, dan sticker. Perancangan tugas akhir ini memberi hikmah bagi perancang untuk menghadapi tantangan dalam merancang sebuah media komunikasi visual kampanye sosial harus tersegmentasi dan dengan desain yang juga menyesuaikan target audiens dengan tepat agar tujuan dari kampanye sosial untuk mempengaruhi kesadaran audiens dalam melakukan donor darah dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/VC. 12 015
Call Number: SK/44/12/015
NIM/NIDN Creators: 44408010013
Uncontrolled Keywords: Media Komunikasi Visual , Kampanye Sosial Aksi Donor Darah PMI .
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 612 Human Physiology/Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.1 Blood and Circulation/Darah dan Peredaran, Sirkulasi Darah
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 30 Aug 2012 11:48
Last Modified: 03 Jan 2025 03:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item View Item