RAHMAH, HANNA TADZKIYA (2012) STRATEGI PRODUKSI SINETRON YUSRA DAN YUMNA DI RCTI DALAM MERAIH RATING TINGGI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
Abstract
Komunikasi massa adalah sebagian dari bentuk-bentuk ilmu komunikasi, salah satu ciri yang membedakan komunikasi massa dengan komunikasi lainnya yaitu penggunaan media sebagai alat penyampai pesannya. Salah satu media komunikasi massa adalah televisi yang banyak menayangkan berbagai macam acara. Pada dasarnya apa saja bisa dijadikan program untuk ditayangkan di televisi selama program itu menarik dan disukai audien, karena khalayak merupakan tujuan utama dibuatnya sebuah program acara. Salah satunya sinetron. Program sinetron menjadi pilihan tepat bagi audiensnya, dimana sinetron menyuguhkan drama-drama, percintaan, konflik, karakter-karakter yang berbeda-beda, tentunya mampu menarik perhatian audiens. Berdasarkan dari latar belakang diatas, dirumuskan dalam penelitian yaitu bagaimana strategi produksi sinetron Yusra dan Yumna di RCTI dalam meraih rating tinggi. Sinetron Yusra dan Yumna adalah sinetron yang mempunyai cerita yang bagus dan pemain-pemain yang sedang naik daun. Rating dan share tertinggi yang pernah di dapat oleh sinetron Yusra dan Yumna ini adalah 5,1 dan 19,3. Rating tersebut mengalahkan sinetron yang menjadi kompetitornya. Penulis memilih strategi produksi sebagai hal yang diteliti. Strategi produksi adalah suatu rencana yang dibuat untuk waktu jangka pendek maupun jangka panjang dalam suatu produksi program acara yang untuk mencapai tujuan bersama. Teori penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT, analisis yang membahas tentang kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi produksi sinetron Yusra dan Yumna di RCTI dalam meraih rating tinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada tiga (3) narasumber, yaitu manager local programming acquisition RCTI, program analyst RCTI, dan produser sinetron Yusra dan Yumna dari Sinemart Pictures. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa membuat sinetron Yusra dan Yumna dibutuhkan perencanaan yang matang yang nantinya dapat di produksi dengan baik di stasiun televisi RCTI. Banyak strategi yang digunakan dalam sinetron Yusra dan Yumna, khususnya pada saat sedang mengalami penurunan rating.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 12 099 |
Call Number: | SK/41/12/099 |
NIM/NIDN Creators: | 44108010109 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi produksi sinetron, rating |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 16:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 06:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |