KONSTRUKSI REALITAS PEMBERITAAN RENCANA KENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI (PREMIUM) PADA PROGRAM HEADLINE NEWS METRO TV

NURFITRIYANAH, NURFITRIYANAH (2012) KONSTRUKSI REALITAS PEMBERITAAN RENCANA KENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI (PREMIUM) PADA PROGRAM HEADLINE NEWS METRO TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Dalam pemberitaan rencana kenaikan harga premium, media massa khususnya televisi sangat berperan penting dalam menyebarkan fakta. Perumusan masalah dari penulisan ini adalah: Bagaimana konstruksi berita tentang rencana kenaikan harga bbm bersubsidi, di Headline News Metro Tv edisi(25 Maret 2012-01 April 2012)? Penelitian ini berupaya untuk melihat framing yang dilakukan oleh program Headline News Metro Tv terhadap masalah yang ada. Kasus yang diambil adalah rencana kenaikan harga bbm bersubsidi, yang terwujud dalam berita-berita headline news metro tv edisi 25 Maret 2012-1 April 2012. Sedangkan analisis framing secara sederhana dapat digambarkan sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana realitas dibingkai oleh media. Analisis framing dilakukan berdasarkan model Robert N.Entman dengan menggunakan empat elemen, yaitu define problem,diagnose causes,make moral judgement,treatment recommendation. Unit analisis dalam penelitian ini adalah teks pemberitaan rencana kenaikan harga premium pada program Headline News Metro Tv edisi 25 maret 2012-1 april 2012. Data primer dikumpulkan secara langsung dari observasi situs berita Headline News Metro tv mulai(25 Maret 2012 – 1April 2012), yakni berupa pemberitaan Rencana Kenaikan Harga premium pada Headline News Metro tv. Sedangkan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan baik melalui artikel atau pengumpulan bahan dokumentasi. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Headline News Metro Tv dapat memberikan penekanan dalam melihat pemberitaan rencana kenaikan harga bbm dengan kritis, dengan menonjolkan aksi penolakan terhadap kenaikan bbm pada 1 april 2012. Sebagian orang peduli dengan aksi demo tolak kenaikan harga bbm, namun tidak sedikit pula yang bersikap acuh. Headline News Metro Tv juga menekankan pada ketidak pedulian pemerintah dalam melindungi rakyatnya, untuk tetap bertekad menaikan harga bbm per 1 april 2012, dengan alasan krisis eropa yang berdampak terhadap perekonomian dunia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 12 086
Call Number: SK/41/12/086
NIM/NIDN Creators: 44108010132
Uncontrolled Keywords: KONSTRUKSI REALITAS PEMBERITAAN RENCANA KENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Jul 2012 16:05
Last Modified: 23 Aug 2025 07:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item View Item