UPAYA HUMAS DAN SUBBAGIAN PROMOSI DIREKTORAT JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM MENYOSIALISASIKAN PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL PERIODE TAHUN 2011

UTAMI, ESTI (2012) UPAYA HUMAS DAN SUBBAGIAN PROMOSI DIREKTORAT JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM MENYOSIALISASIKAN PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL PERIODE TAHUN 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Maraknya kasus pembajakan membuat Indonesia pada tahun 2011 menduduki peringkat ke-11 negara dengan kasus pembajakan software tertinggi di dunia. Sebagai lembaga pemerintah yang menjadi ujung tonggak perlindungan kekayaan intelektual Ditjen HKI melalui Subbagian Humas dan Promosi melakukan upaya antisipasi meningginya angka pembajakan di Indonesia dengan menggalakan upaya untuk menyosialisasikan Hak Kekayaan Intelektual. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Humas dan Subbagian Promosi Ditjen HKI dalam menyosialisasikan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual periode tahun 2011. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, teori kehumasan, teori humas dalam pemerintah dan teori tentang sosialisasi. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari rangkaian langkah perencanaan strategis Humas, secara garis besar Humas dan subbagian Promosi Ditjen HKI sudah menjalankan seluruh langkah perencanaan yang disampaikan dalam teori Ronald D Smith. Namun pelaksanaanya belum seluruhnya berhasil, adanya keterbatasan SDM dan anggaran pada tahap riset formatif, Taktik komunikasi dan evaluasi masih belum maksimal. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah memperkuat tahap riset formatif dan evaluasi dengan membuat tim kusus yang mengelola management isu dan mengelola program evaluasi agar hasil yang didapat lebih akurat. Pada tahap taktik komunikasi mengadakan kembali iklan layanan masyarakat di media televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 037
Call Number: SK/42/12/037
NIM/NIDN Creators: 44208010042
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Apr 2012 15:29
Last Modified: 11 Jul 2025 08:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20686

Actions (login required)

View Item View Item