RAHAYU, TRIA KANTHI (2012) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF-EFFICACY PADA SISWA TUNANETRA DI SLB-A PEMBINA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. cover.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3.bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dengan self-efficacy pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sebanyak 30 orang siswa SLB-A Pembina di Jakara Selatan dilibatkan dalam penelitian ini, subjek penelitian diambil dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini menggunakan dua bagian skala yaitu skala untuk mengukur dukungan sosial dan skala untuk mengukur self-efficacy. Skala untuk mengukur dukungan sosial merupakan modifikasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) yang dikembangkan oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1998); sedangkan skala untuk mengukur self-efficacy merupakan modifikasi dari Morgan-Jinks Students Efficacy Scale (MJSES) yang dikembangkan oleh Morgan & Jinks (1999). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dengan metode Product Moment Pearson menggunakan taraf signifikansi 5 %. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,442 (r = 0,442) dengan signifikansi 0,014. Hal ini berarti ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan self-efficacy pada siswa tunanetra. Semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah selfefficacy yang dimiliki siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FP/PSI. 12 002 |
| Call Number: | SP/61/12/002 |
| NIM/NIDN Creators: | 46107010022 |
| Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Self-efficacy, Siswa Tunanetra |
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 07 Mar 2012 13:09 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 06:58 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
