STUDY KOMPARASI DAMPAK KOGNITIF dan AFEKTIF BERPINDAHNYA PERMASALAHAN PRIBADI MENJADI TONTONAN PUBLIK PADA REALITY SHOW “TERMEHEK-MEHEK” DI TRANS TV

MARTINA, RINA (2011) STUDY KOMPARASI DAMPAK KOGNITIF dan AFEKTIF BERPINDAHNYA PERMASALAHAN PRIBADI MENJADI TONTONAN PUBLIK PADA REALITY SHOW “TERMEHEK-MEHEK” DI TRANS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahui tayangan suatu program televisi diminati oleh masyarakat maka media mengukurnya melalaui rating. Rating ini menyebabkan media televisi berlomba lomba membikin acara yang menjadi tren di masyarakat, dan yang menjadi tren sekarang adalah tayangan reality show. Dalam hal ini penulis mengambil program acara reality show Termehek-mehek untuk dijadikan penelitian dengan menguji studi komparasi dampak kognatif dan afektif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey di wilayah Pondok Rajeg dan Griya Kencana, tentang tayangan reality show termehek mehek episode tanggal 11 desember 2010. Dampak kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informative bagi dirinya. Dampak Afektif bukan hanya sekedar memberitahu kepada khalayak agar menjadi tahu tentang sesuatu, tetapi lebih dari itu, setelah mengetahui informasi yang diterimanya, khalayak diharapkan dapat merasakannya. Sedangkan Komparasi adalah proses membandingkan dua fenomena atau lebih, dengan kata lain komparasi adalah penelitian yang bertujuan untuk membandingkan sesuatu dengan hal lain tetapi masih dalam satu sudut pandang. Dalam penelitian ini digunakan metode survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner yang nantinya akan digunakan sebagai alat pengumpulan data yang pokok untuk mencapai generalisasi atau kesimpulan yang bersifat umum yang dapat dipertanggung jawabkan. Sampel yang digunakan adalah 70 responden, terdiri dari 40 warga pondok rajeg dan 30 warga griya kencana, dengan ketentuan mereka telah menonton tayangan termehek mehek episode tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden sangat terpengaruh dampak kognitif dan afektif dari tayangan reality show, walaupun secara tempat tinggal mereka tinggal didaerah yang kondisinya berbeda, masyarakat Griya Kencana yang Homogen dan masyarakat Pondok Rajeg yang Heterogen. Hal ini bisa terjadi karena Content programnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 209
Call Number: SK/41/11/002
NIM/NIDN Creators: 44106110010
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:01
Last Modified: 26 Jun 2025 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19758

Actions (login required)

View Item View Item