STRATEGI KOMUNIKASI RADIO INDIKA FM DALAM MENYOSIALISASIKAN “PROGRAM SOUNDCHECK” PADA PENDENGAR

WARDHANI, NURIEKE AFTRIA (2011) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO INDIKA FM DALAM MENYOSIALISASIKAN “PROGRAM SOUNDCHECK” PADA PENDENGAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
HAL COVER.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Dunia penyiaran di Indonesia khususnya Radio telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehingga persainganpun menjadi sangat ketat. Selain menyuguhkan program siaran yang inovatif dan kreatif, para pengelola perusahaan Radio hendaknya juga memperhatikan strategi komunikasi untuk mempromosikan dan menyosialisasikan program tersebut sebagai sarana pendukung agar pendengar dapat mengenal, menerima, dan akhirnya mau berpartisipasi dalam program tersebut. Hal ini juga yang dilakukan oleh Radio Indika FM dalam menyosialisasikan program barunya yaitu Soundcheck. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Radio Indika FM dalam menyosialisasikan program Soundcheck kepada pendengar. Untuk kerangka pemikiran, penulis membahas mengenai teori yang menjadi dasar penelitian yaitu meliputi pengertian Komunikasi, Strategi Komunikasi, Public Relations, Sosialisasi dan Program Siaran. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang dilakukan dengan interview mendalam ke beberapa narasumber yang kompeten dan kredibel dalam memberikan penjelasan secara mendetail. Hasil penelitian menunjukan bahwa merencanakan dan mengatur kegiatan komunikasi dalam menyosialisasikan program Soundcheck mendapatkan perhatian yang cukup besar dari pengelola Radio Indika FM. Kegiatan komunikasi yang sebagian besar dijalankan oleh Department Promosi Radio Indika FM, memiliki 2 jenis komunikasi yaitu komunikasi Below the line yang dilakukan melalui media cetak, media online, dan memanfaatkan media sendiri yaitu dalam bentuk air time diradio. Selain itu didukung juga dengan komunikasi above the line yang dilakukan dalam bentuk event, penyebaran flyer serta pemasangan banner dan billboard dibeberapa tempat. Pengelola Radio Indika FM memilih media komunikasi yang efektif dan efiesien, hal utama yang diperhatikan adalah harus sesuai dengan segmentasi pendengar yang ingin dituju. Kegiatan komunikasi yang dilakukan diharapkan dapat memberikan informasi, mengajak dan menghibur sehingga pendengar tertarik dan memberikan penilaian positif terhadap program Soundcheck dari Radio Indika FM.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 146
Call Number: SK/42/11/128
NIM/NIDN Creators: 44205110031
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Radio Indika FM, Soundcheck
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Sep 2011 11:14
Last Modified: 15 Sep 2025 06:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item