IRAWATI, ANITA (2011) STRATEGI HUMAS POLDA METRO JAYA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM “TILANG ELEKTRONIK”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
01. Hal Cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. abstrak fix.pdf Download (11kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Humas Polda Metro Jaya sebagai saluran informasi merancang strategi untuk mensosialisasikan program yang diberi nama “Tilang Elektronik”. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni Bagaimana Strategi Humas Polda Metro Jaya dalam Mensosialisasikan Program “Tilang Elektronik”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas ditempuh dalam usahanya untuk mensosialisasikan program Tilang Elektronik. Strategi Humas adalah rencana jangka panjang untuk menyusun berbagai rencana teknis dan langkah komunikasi yang akan diambil dalam kegiatan kehumasan. Ronald D Smith, menjabarkan konsep strategi Humas dalam bukunya “Strategic Planning for Public Relations” bahwa ada empat fase yang di dalamnya terdapat empat step yang dapat digunakan untuk menyusun strategi kehumasan. Fase tersebut yakni Riset Formatif yang di dalamnya terdapat step analisa situasi, analisa organisasi, dan analisa publik. Fase kedua adalah Strategi, di dalamnya terdapat step menentukan sasaran dan tujuan, formula aksi dan respon strategi, dan menggunakan komunikasi efektif. Yang ketiga adalah fase Taktik, di dalamnya terdapat step pemilihan taktik komunikasi dan implementasi rencana strategis. Fase yang terakhir adalah Riset Evaluasi, di dalamnya terdapat step evaluasi perencanaan strategis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Peneliti juga mencoba mengacu pada teori Strategi Humas milik Ronald D Smith yang menurut peneliti sangat penting dan dapat diterapkan dalam penelitian ini. Sedangkam untuk teknik analisa data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisa triangulasi. Dari hasil penelitian dengan menganalisis data primer dan data sekunder dapat diketahui bahwa Strategi Humas yang dibuat oleh Ronald D Smith juga dibuat dalam Strategi Humas Polda Metro Jaya dalam mensosialisasikan program “Tilang elektronik”. Dari hasil penelitian, didapat bahwa program Tilang Elektronik ini dapat dikatakan cukup berhasil. Penurunan angka pelanggaran lalu lintas dan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas mulai tumbuh dengan program ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 143 |
Call Number: | SK/42/11/122 |
NIM/NIDN Creators: | 44207010071 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Humas, Polda Metro Jaya, Tilang Elektronik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Sep 2011 15:41 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 06:45 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |