HARYANTO, ROSO PRAMUJI WIDIYA (2011) KECENDERUNGAN ISI PEMBERITAAN TENTANG CITRA FPKS DPR-RI DI HEADLINE HARIAN UMUM REPUBLIKA PERIODE JANUARI – DESEMBER 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak skripsi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
Abstract
Peran media massa, khususnya Republika sebagai media yang merepresentasikan umat Islam, dalam hal pemberitaannya sangat terkait dengan pembentukan citra suatu partai politik yang dalam obyek penelitian ini adalah Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI sebagai garda terdepan dalam pembentukan citra positif partai (PKS) yang berasaskan Islam. Latar belakang inilah yang menjadi dasar bahwa analisis isi pemberitaan media penting dilakukan karena menyangkut penilaian publik atas citra partai. Dimana image politik yang bagus akan memberikan efek yang positif terhadap pemilih guna memberikan suaranya dalam pemilihan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan pemberitaan tentang citra FPKS DPR RI di Headline Harian Umum Republika selama periode tahun 2010 dan bagaimana kecenderungannya dilihat dari masalah dan arah pemberitaannya. Sedangkan hasil penelitian akan dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi Pimpinan FPKS khususnya bagi bagian Humas FPKS DPR RI dalam usaha peningkatan citra positif dan stakeholder relations. Penelitian dilakukan dengan menjelaskan kerangka pemikiran bahwa komunikasi adalah hal utama yang dilakukan public relations (PR) dalam rangka menciptakan atau mempertahankan citra organisasi melalui media massa, oleh karena itu hubungan dengan media perlu dijalin dan pengawasan terhadap media perlu dilakukan. Dimana dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan sifat penelitian deskriptif kuantitatif. Kategorisasi citra yang diteliti adalah identitas perusahaan (corporate identity) dengan hasil cenderung positif, reputasi (reputation) dengan hasil cenderung positif, tingkat pelayanan (level of service) dengan hasil cenderung positif, lingkungan atau penampilan fisik (physical environment / tangible cues) dengan hasil cenderung positif meskipun mayoritas tidak terwakili dalam isi pemberitaannya, kontak personal (personnel contact) dengan hasil cenderung positif, dan masalah pemberitaan dengan hasil cenderung memberitakan masalah politik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 113 |
Call Number: | SK/42/11/042 |
NIM/NIDN Creators: | 44206120007 |
Uncontrolled Keywords: | Isi Pemberitaan , Citra FPKS DPR-RI ,Harian Umum Republika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 16:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |