PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PT. YOKOGAWA INDONESIA

FARIJONA, EPA (2011) PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PT. YOKOGAWA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

PT. Yokogawa Indonesia merupakan perusahaan control system dan instrumentasi dari Jepang yang telah menjalankan bisnisnya sebagai kantor perwakilan di Indonesia selama kurang lebih 15 tahun. Saat ini kondisi iklim komunikasi organisasi masih kurang stabil, hal ini nampak dari pendapat yang belum begitu bagus baik sesama karyawan maupun kepada atasan, ataupun keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan perusahaan masih dirasakan kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan di PT. Yokogawa Indonesia. Teori Iklim komunikasi Organisasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Pace & Faules yang mengungkapkan enam faktor yang mempengaruhi Iklim komunikasi organisasi yaitu: Kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, Kejujuran, Keterbukaan dalam berkomunikasi kebawah, Mendengarkan dalam komunikasi keatas, Perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Sedangkan teori motivasi kerja karyawan menggunakan teori dua faktor Herzberg, yang mengungkapkan konsep higine dengan faktor motivasi terdiri: Prestasi (Achievement), Pengakuan (Recognition), Pekerjaan itu sendiri (The work it self), Tanggung Jawab (Responsibility), Pengembangan Potensi Individu (Advancement). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan sifat explanatif, dimana peneliti disini mencoba untuk meneliti pengaruh diantara dua variabel, yaitu variabel x dan variabel y. Metode yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dimana data akan diolah untuk memperoleh informasi tertentu. Penarikan sampel yang digunakan adalah tenik non probabilitas sampling dengan design sampel Insidetal Sampeling. Kriteria yang ditentukan oleh peneliti adalah karyawan tetap yang memiliki masa kerja minimal satu tahun. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Yokogawa Indonesia yang berjumlah 200 orang dengan provisi yang ditetapkan sebesar 10% maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 70 orang. Hasil penelitian koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,573 dengan nilai diatas 0.05 bebarti variabel iklim komunikasi organisasi berkorelasi cukup kuat terhadap variabel motivasi kerja karyawan. Berdasarkan hasil uji t dan hasil koifisien korelasi diperoleh t hitung sebesar 5.769 dan t tabel 1.66792 sehingga t hitung >t tabel berarti Ha diterima, maka diketahui bahwa iklim komunikasi memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Berdasarkan uji deteminasi dalam penelitian ini menunjukan pengaruh Iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan sebesar 32,8% dan sisanya 67.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 013
Call Number: SK/42/11/016
NIM/NIDN Creators: 44208110110
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 11:59
Last Modified: 31 May 2025 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item View Item