PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK BAGI PEKERJA INFOTAINMENT TAYANGAN CEK&RICEK (PERIODE AGUSTUS 2010 – JUNI 2011)

PUSPITA, HANNA (2011) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK BAGI PEKERJA INFOTAINMENT TAYANGAN CEK&RICEK (PERIODE AGUSTUS 2010 – JUNI 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu program informasi atau berita yang dewasa ini semakin marak beredar di televisi adalah infotainment. Infotainment yang merupakan gabungan kata informasi dan entertainment merupakan informasi atau berita yang berisi mengenai seputar kehidupan publik figur atau selebritis. Dengan begitu berkembangannya perusahaan media dan adanya persaingan yang begitu ketat untuk merebut pangsa pasar, merupakan tantangan yang berat bagi suatu rumah produksi infotainment untuk mempertahankan Kode Etik Jurnalistik dalam proses kerja mereka, karena infotainment itu sendiri sudah diakui keberadaannya oleh PWI. Dengan latar tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan kode etik jurnalistik untuk program infotainment. Program infotainment yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tayangan infotainment Cek&Ricek. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana pekerja infotainment Cek&Ricek menerapkan Kode Etik Jurnalistik dalam melakukan peliputan. Pertanyaan semacam ini menjadi penting dikemukakan mengingat infotainment produk acara televisi yang digarap dengan cara-cara seperti seorang jurnalis meliput sebuah berita atau informasi atau peristiwa. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada Standar Baku Kode Etik Jurnalistik pada tahun 2006 yang dibuat oleh Dewan Pers dan disetujui oleh organisasi kewartawanan yang harus ditaati oleh seluruh wartawan Indonesia sesuai dengan Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang No.40 tahun 1999 tentang pers. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat studi kasus yakni penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki gejala aktual, dalam konteks kehidupan nyata, dan menggunakan sumber fakta sebagai sumber penelitian. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kode Etik Jurnalistik mengikuti prosedur yang ada dan berlaku saat ini yaitu Kode Etik Jurnalistik tahun 2006 yang sudah disahkan oleh Dewan Pers yang harus diikiuti oleh seluruh wartawan indonesia. Pada hasil penelitian ini juga tidak tampak pelanggaran-pelanggaran yang cukup berarti yang dapat merugikan pihak-pihak lain yang dilakukan oleh pekerja infotainment Cek&Ricek. Dari hasil tersebut penulis menyimpulkan jajaran redaksi dan pekerja infotainment Cek&Ricek telah menegakkan Kode Etik Jurnalistik dengan cara telah menerapkan dan mengikuti dalam standar kinerja jurnalistik berdasarkan Kode Etik Jurnalistik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 152
Call Number: SK/41/11/079
NIM/NIDN Creators: 44107010038
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Aug 2011 11:41
Last Modified: 30 Jun 2025 01:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item