EFEK KOGNITIF DAN EFEK AFEKTIF TAYANGAN REALITY SHOW “MINTA TOLONG” DI RCTI TERHADAP REMAJA RW 04 KELURAHAN KEDOYA UTARA KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

RUDI, RUDI (2011) EFEK KOGNITIF DAN EFEK AFEKTIF TAYANGAN REALITY SHOW “MINTA TOLONG” DI RCTI TERHADAP REMAJA RW 04 KELURAHAN KEDOYA UTARA KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abtraksi3.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Banyaknya tayangan hiburan untuk pemirsa di televisi, tayangan Reality Show merupakan tayangan program yang banyak ditampilkan oleh stasiun televisi swasta. Tayangan reality show minta tolong ini adalah program yang mendidik untuk saling tolong menolong sesama manusia dan reality show minta tolong adalah acara reality show yang masih tetap bertahan hingga kini. Dan pada bulan April terdapat edisi spesial (episode spesial) tayangan program reality show minta tolong. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek kognitif tayangan reality show Minta tolong di Rcti terhadap Remaja Rw 04 Kelurahan Kedoya Utara Periode April 2011 dan efek afektif tayangan reality show Minta Tolong di Rcti terhadap remaja Rw 04 Kelurahan Kedoya Utara Periode April 2011. Efek adalah akibat yang timbul oleh khalayak setelah melakukan atau melihat suatu hal. Efek kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informatif bagi dirinya. Efek kognitif berhubungan dengan pikiran atau penalaran, sehingga khalayak yang semula tidak tahu, yang tadinya tidak mengerti, dan yang tadinya bingung menjadi merasa jelas. Efek afektif adalah proses yang mengarah pada berbagai perasaan orang dan emosi tertentu. Efek afektif timbul apabila ada perubahan pada apa yang dirasakan, disenangi, atau dibenci khalayak, efek ini berhubungan dengan emosi, sikap, atau nilai Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah remaja Rw 04 kelurahan kedoya utara jakarta barat Data diperoleh pada rw 04 kelurahan kedoya utara kecamatan kebon jeruk jakarta barat, dengan jumlah sampel responden sebanyak 86 orang dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Data primer penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan kuesioner Hasil yang diperoleh yaitu, responden memiliki pengetahuan sangat tinggi terhadap tayangan reality show minta tolong dengan jumlah responden sebanyak 36 responden atau 42%, yang memiliki tinggkat pengetahuan tinggi terhadap tayangan reality show minta tolong sebanyak 32 responden atau 37%, dan responden yang tingkat pengetahuannya sedang sebanyak 14 responden atau 16%, sedangkan responden yang tingkat pengetahuannya rendah 3 responden atau 4%, dan responden yang tingkat pengetahuannya sangat rendah 1 responden atau 1%. Hal ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan penonton sangat tinggi. Pada sikap, sikap responden yang sangat positif dengan jumlah responden 34 responden atau 40%,sikap responden yang positif sebanyak 27 responden atau 31%, dan sikap responden yang sedang atau netral sebanyak 15 responden atau 17% sedangkan sikap responden yang negatif sebanyak 8 responden atau 9%, dan sikap responden yang sangat negatif sebanyak 2 responden atau 3%. Hal ini menunjukan bahwa sikap responden adalah sangat positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 097
Call Number: SK/41/11/099
NIM/NIDN Creators: 44107010152
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Aug 2011 15:20
Last Modified: 19 Jul 2025 02:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item