PERAN TIM KREATIF DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM PEMBERANI DI TRANS7 (PERIODE MEI - JULI 2011)

DUANDARI, BRINA KALIS (2011) PERAN TIM KREATIF DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM PEMBERANI DI TRANS7 (PERIODE MEI - JULI 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Hal Cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. AbstraksiOK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (BAB II)
04. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB III)
05. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (BAB IV)
06. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB V)
07. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Munculnya program-program hiburan televisi yang menjamur saat ini mengharuskan setiap stasiun televisi menghasilkan program acara yang berbeda dari stasiun televisi lainnya. Dengan adanya perbedaan tersebut, membuat warna hiburan yang berbeda. Sehingga pemirsa pun memiliki pilihan terhadap program acara yang berkualitas dan menghibur, dan sehingga acara pilihan pemirsa mendapatkan peningkatan terhadap rating dan share. Salah satu stasiun televisi swasta TRANS7 memiliki program acara Pemberani. Sebuah tayangan game reality yang menghadirkan permainan yang dilakukan dimalam hari dengan mengangkat ketegangan dengan bumbu-bumbu misteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tim kreatif dalam proses produksi Pemberani di TRANS7 (Periode Mei – Juli 2011). Konsep-konsep yang dipakai dalam kerangka pemikiran adalah komunikasi massa, televisi sebagai media massa, program televisi, proses produksi, pelaksana produksi, peran dan peran tim kreatif. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang memberikan uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan narasumber yang berkompeten, yakni Produser, Tim Kreatif, dan Peserta Pemberani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap pra produksi dipilih tema yang menarik, menentukan lokasi yang sesuai, peserta, dan membuat tantangan permainan yang unik. Pada tahap produksi produser dengan seluruh kru bekerjasama mengaplikasikan naskah dan ide-ide yang ada menjadi tayangan yang menarik untuk disaksikan. Sedangkan pada tahap pasca produksi merupakan hasil dari semua kegiatan setelah pengambilan gambar sampai materi itu dinyatakan selesai dan siap disiarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 086
Call Number: SK/41/11/145
NIM/NIDN Creators: 4410401-021
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Sep 2011 11:33
Last Modified: 19 Jul 2025 03:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item