FAUZIA, RATNA ULIZAR (2011) IMPLEMENTASI PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS MELALUI PROGRAM CSR PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal cover.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Absstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Dalam menghadapi persaingan, setiap perusahaan terus-menerus memperbaiki sistem yang memberdayakan semua potensi yang dimiliki sehingga mampu mendukung program pengembangan yang sedang berlangsung saat ini. Perusahaan selain berfungsi sebagai organisasi bisnis sekaligus juga berfungsi sebagai organisasi sosial. Pertanggungjawaban sosial ini disebut dengan Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility adalah sebuah proses dengan itu perusahaan mengelola hubungan dengan beragam stakeholder yang dapat memiliki pengaruh nyata terhadap lisensi sosial atas operasi mereka disuatu daerah. Dalam konteks Public Relations, tanggung jawab sosial korporat itu diimplementasikan dalam program dan kegiatan Community Relations. Dalam melaksanakan program-program CSR seorang Humas sebaiknya menggunakan teori yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom. Peran-peran Humas yang dimaksud meliputi : Teknisi Komunikasi, Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi dan Fasilitator Pemecah Masalah. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi, hubungan masyarakat, Corporate Social Responsibility dan Community Relations. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan pengumpulan data yang diperoleh dengan cara wawancara mendalam. Dari hasil penelitiaan yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Implementas peran Humas dalam kegiatan CSR ini merupakan proses terus menerus dan berkelanjutan. Humas PTBA telah menjalankan fungsinya dalam melakukan implementasi kegiatan Humas pada saat melaksanakan Corporate Social Responsibility dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Dan disarankan kepada PT Bukit Asam agar program CSR ini dilakukan secara berkesinambungan untuk memberikan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 171 |
Call Number: | SK/42/11/169 |
NIM/NIDN Creators: | 44209110104 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Humas , Community Relations , CSR PT Bukit Asam (Persero) Tbk |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 11:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:50 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |