BAKTI, SANDI (2012) PENGUKURAN PERFORMA MANAJEMEN KUALITAS DALAM UPAYA PENGENDALIAN MUTU PRODUK MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTIK DI PT. XGRAPHY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
Abstract
PT. XGraphy adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan dengan produk utamanya yaitu harian umum media massa dan surat kabar di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk menghasilkan produk yang berkualitas, sejak tahun 2003 perusahaan telah memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2000 sebagai pengakuan bahwa perusahaan telah menerapkan manajemen mutu yang baik dan sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau misdruk yang tinggi dengan menetapkan standar toleransi misdruk sebesar 6 % dari jumlah produksi. Akan tetapi, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tingkat misdruk fluktuatif dan bahkan masih terdapat misdruk yang melebihi standar toleransi yang ditetapkan. Landasan penting dari alat bantu statistik dalam pengendalian mutu adalah mengetahui karakteristik kritis (CTQ) yang menjadi keinginan konsumen sehingga suatu produk/jasa dikatakan berkualitas dan bagaimana menerjemahkan keinginan tersebut ke dalamiv kegiatan peningkatan kualitas. ISO 9001 : 2000 sebagai pondasi bertujuan menstandardisasi proses yang telah diperbaiki, sementara Alat Bantu Statistik membawa kinerja proses di organisasi agar lebih mampu memenuhi harapan stakeholders dan customers, menuju Visi Organisasi. ISO 9001:2000 dan Alat Bantu Statistik merupakan dua hal yang berbeda dan menjawab dua tujuan yang berbeda pula, tetapi keduanya saling terintegrasi. ISO 9001:2000 merupakan sistem manajemen mutu sementara Alat Bantu Statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebabakibat, merupakan suatu strategi dan metodologi peningkatan kinerja bisnis dalam upaya melaksanakan pengendalian kualitas produk yang di hasilkan. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan, serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu warna kabur (28,31%), tidak register (19,79%) dan terpotong (19,50 %). Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab misdruk berasal dari faktor manusia/ pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/ bahan baku dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat misdruk dan meningkatkan kualitas produk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 12 055 |
Call Number: | STI/16/12/055 |
NIM/NIDN Creators: | 41610110082 |
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian kualitas, ISO 9001 : 2000, alat bantu statistik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 10:29 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:57 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |