STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA PT. EXPRESS TRANSINDO UTAMA Tbk, JAKARTA PERIODE (2012)

CHARISMA, INTAN (2013) STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA PT. EXPRESS TRANSINDO UTAMA Tbk, JAKARTA PERIODE (2012). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (BAB1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka _ Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media merupakan salah satu hal terpenting dalam meningkatkan citra perusahaan. Melalui pemberitaan-pemberitaannya media mampu membentuk opini publik terhadap suatu perusahan. Hal inilah yang menjadi dasar PR PT. Express Transindo Utama Tbk untuk melakukan kegiatan media relations. Pada tahun 2012 PT. Express Transindo Utama melakukan ekspos besar-besaran di media, hal ini dikarenakan perusahaan ingin meningkatkan citra di masyarakat kepada produk dan jasanya. Dalam melakukan kegiatan media relations, PR PT. Express Transindo Utama menggunakan tahapan kegiatan defining problem, planning, taking action dan evaluating the program. Dalam perencanaan, PR menyusun strategi dan taktik untuk media agar tujuan kegiatan tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun kerangka teori yang digunakan adalah pengertian komunikasi yang mencakup fungsi komunikasi dan unsur-unsur komunikasi, komunikasi massa, media massa, public relations, fungsi dan tugas public relations, tahapan kegiatan public relations, media relations, strategi, strategi media relations dan pengertian citra. Metodologi penelitian yang digunakan adalah sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam in-depth interview dengan divisi communications. Peneliti juga mendapatkan informasi dari data sekunder yang diperoleh dari perusahaan yaiitu berupa company profile, laporan keberlanjutan sustainability perusahaan dan hasil klipping dan dokumentasi berita. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa perusahaan ini dalam melaksanakan kegiatan media relations memiliki strategi dan taktik-taktik terhadap media. Yaitu dengan cara terus menerus melakukan inovasi terhadap program kegiatan serta materi yang dilaksanakan, menjalin komunikasi yang baik dengan media agar terjalin hubungan yang saling menguntungkan. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh PT. Epxress Transindo Utama dengan media seperti interview, launching product, siaran pers, media gathering dan media visit. Namun, kegiatan tersebut bersifat dadakan dan tidak ada yang bersifat reguler atau rutin dilakukan. Sebaiknya perusahaan perlu menambah frekuensi kegiatan-kegiatan tersebut dan menjadikannya rutin agar hubungan yang terjalin dengan media akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 13 159
Call Number: SK/42/13/159
NIM/NIDN Creators: 44209010036
Uncontrolled Keywords: Strategi Media, Relations, PT.Express Transindo Utama, Jakarta, 2012
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Oct 2013 15:09
Last Modified: 26 Jun 2025 01:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item