STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT UNTUK BEKERJA DI PT. CAKRAWALA INDONESIA SEJAHTERA BAGI SISWA SMK NEGERI 1 MUNDU CIREBON

KARMANA, DADAN (2013) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT UNTUK BEKERJA DI PT. CAKRAWALA INDONESIA SEJAHTERA BAGI SISWA SMK NEGERI 1 MUNDU CIREBON. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi_cover_434149695728.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_473090966437.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Isi1285466551384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
Isi2761514978796.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3327445538937.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4183861193809.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB V)
Isi5121962259436.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka224451582276.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di negeri sendiri membuat sebagian warga Indonesia memilih untuk bekerja di luar negeri seperti Jepang, Taiwan, Korea, Malaysia dan negara lainnya. Berdasarkan survei dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menunjukan bahwa 45,56 % WNI, lebih memilih bekerja di luar negeri karena upah yang akan mereka peroleh setiap bulannya jauh lebih menjanjikan dari pada harus bekerja di Indonesia dengan gaji UMR yang relatif masih kecil. Namun terjadinya misscomunication yang biasanya disebabkan oleh perbedaan bahasa dan kebudayaan yang sering terjadi menyebabkan sebagian WNI mulai enggan untuk bekerja di luar negeri. Berangkat dari hal ini lah PT. Cakrawala Indonesia Sejahtera menjembatani para WNI yang berminat untuk bekerja di Jepang khususnya untuk orang-orang lulusan SMK Perikanan seperti SMKN 1 Mundu Cirebon. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Komunikasi yang dilaksanakan oleh PT.Cakrawala Indonesia Sejahtera dalam meningkatkan minat untuk bekerja di Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dalam upaya meningkatkan minat kerja bagi lulusan SMK Perikanan untuk bekerja pada kapal Tuna Long Line di Jepang melalui PT. Cakrawala Indonesia Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Metode pengumpulan data primer dengan tehnik wawancara mendalam dengan beberapa narasumber utama dan pembanding sedangkan pengumpulan data sekunder yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data melalui riset perpustakaan untuk kemudian keabsahan data diuji melalui teknis triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT. Cakrawala Indonesia Sejahtera berfokus pada 4 tahapan yaitu dengan mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan penggunaan media. Dari seluruh tahapan yang telah disebutkan diatas telah dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang telah disusun untuk meningkatkan minat kerja di Jepang sehingga pada pelaksanaanya berjalan dengan baik dan telah mencapai target meskipun masih ada hambatan yang masih perlu pembenahan dan revisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR.13 148
Call Number: SK/42/13/148
NIM/NIDN Creators: 44208120072
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Meningkatkan Minat, Bekerja, PT.Cakrawala Indonesia Sejahtera, SMK Negeri 1, Ci
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 28 Oct 2013 15:48
Last Modified: 26 Jun 2025 01:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17264

Actions (login required)

View Item View Item