MOTIVASI MUSISI INDIE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SARANA PROMOSI DIRI (STUDI KASUS GRUP BAND"SEND")

MIAMOREINE, EVA ROSLITA (2013) MOTIVASI MUSISI INDIE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SARANA PROMOSI DIRI (STUDI KASUS GRUP BAND"SEND"). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi_cover_895072114298.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
Isi_abstract_755963381170.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Isi1690981093277.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
Isi2991552844567.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3356541476644.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4494897872105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
Isi5923130497051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka852974726378.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Sejak diciptakannya internet, dunia seakan melebihi kapasitas diluar ambang batas. Semua orang dapat berperan dalam menyiarkan seluruh hal. Berbicara tentang menyiarkan dunia maka kita secara tidak langsung membicarakan situs Youtube.com Situs ini memang disediakan bagi mereka yang ingin melakukan pencarian informasi video dan menontonnya langsung. Kita juga bisa berpartisipasi mengunggah video ke server Youtube dan membaginya ke seluruh dunia. Karena hal itu, peneliti ingin mengetahui sejauh mana motivasi para musisi indie pengguna Youtube untuk memanfaatkan media ini sebagai sarana promosi diri. Tujuan dari penelitian ini mengetahui motivasi group musik "SEND" menggunakan sosial media Youtube sebagai sarana promosi diri. RS Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian mengambil metode studi kasus dengan wawancara dengan para personil band indie SEND. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam(in depth interview) dengan saudara Leonhardt selaku pendiri band SEND, saudara Dwi Panji selaku vokalis band SEND, dan saudara John Patrick selaku manager dari band SEND. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku pedoman, dan akun Youtube band SEND. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi musisi indie dalam menggunakan Youtube sebagai sarana promosi diri muncul dari dalam dan luar. Motivasi dari dalam yang muncul yaitu keinginan untuk membuat publik agar lebih menaruh perhatian pada jenis musik yang diusung band SEND. Sedangkan motivasi dari luar yang muncul yaitu permintaan dari para pendengar SEND agar mereka mengupload karya-karya mereka di Youtube supaya bisa lebih dinikmati secara audiovisual.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 13 346
Call Number: SK/41/13/195
NIM/NIDN Creators: 44109010139
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Musisi, Indie, Media Sosial, Youtube, Promosi Diri, grup band SEND
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Sep 2013 15:09
Last Modified: 04 Jun 2025 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item