STRATEGI PENGEMBANGAN NET.TV DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TELEVISI DI INDONESIA

HAMID, JONI ARMAN (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN NET.TV DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TELEVISI DI INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Persaingan industri televisi di Indonesia saat ini ini mengalami perkembangan yang pesat, walaupun saat ini konvergensi media semakin meluas dengan terpaan internet. NET.TV salah satu televisi swasta nasional yang baru hadir di Indonesia, hadir dengan strategi produksi, pemasaran yang mengombinasikan cara-cara lama dan cara-cara baru mengikuti perkembangan zaman. NET.TV berdasarkan riset AC Nielsen tahun 2014 adalah televisi swasta nasional Indonesia yang memiliki peringkat ketiga dengan jumlah share terbanyak di Asia Tenggara. Pendekatan teoritis dalam penelitian ini adalah konsep strategi pengembangan program yang disampaikan Morrisan, yang mencakup tiga eleman produksi yaitu: pra produksi (preproduction), produksi (production), dan pasca produksi (monitoring evaluation). Sementara itu untuk melihat strategi pemasarannya merujuk pada Kotler dan Keller yang melihat strategi pemasaran dimulai dengan melihat target audien, pengklasifikasian konsumen, dan menentukan target pasar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan paradigma konstruktivis, dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pimpinan redaksi NET.TV, HRD, Marketing dan Kepala Produksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa NET.TV mengikuti alur produksi dengan mengandalkan kreativitas SDM tanpa menyalahi teknis produksi. Teknis produksi yang dilakukan itu adalah tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi (evaluasi). Pada masing-masing kegiatan, NET.TV sangat mengandalkan kreativitas SDM untuk menghasilkan program yang unggul dalam menghadapi persaingan antar industri televisi Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-009
Call Number: 52/CMC/2017/010
NIM/NIDN Creators: 55212120071
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communication, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:57
Last Modified: 21 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38590

Actions (login required)

View Item View Item