PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP EKSISTENSI DIRI MAHASISWA (Survey terhadap mahasiswa Fikom Mercu Buana angkatan 2014)

RACHMAWATI, NINDI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP EKSISTENSI DIRI MAHASISWA (Survey terhadap mahasiswa Fikom Mercu Buana angkatan 2014). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial kini sudah bisa di gunakan sebagai sarana pengganti kehidupan kita di dunia maya. Sebut saja saat ini “Instagram” tengah menjadi sosial media yang paling sering digunakan oleh masyarakat terutama dikalangan remaja. Kegunaan aplikasi ini adalah dapat mengupload segala bentuk foto maupun video dilengkapi dengan efek-efek gambar yang akan mempercantik foto yang diuploadnya. Di dunia maya eksistensi menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga dunia maya khususnya warga pengguna Instagram. Teori yang digunakan ialah Uses and Gratification. Teori ini menunjukan bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Jadi, bobotnya ialah pada khalayak yang aktif, yang sengaja menggunakan media untuk mencapai tujuan khusus. Tipe penelitian ini adalah deskriptif koresional pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini adalah mahasiswa fikom mercu buana angkatan 2014 Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisa data menggunakan korelasi Perason’s Product Moment, Pengujian Hipotesis, Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata variabel X (Penggunaan Instagram) 4,04 termasuk kedalam kategori Sering, sedangkan nilai rata-rata variabel Y (Eksistensi Diri) 3,86 termasuk kedalam kategori Sering. Ada hubungan yang cukup antara penggunaan instagram terhadap eksistensi diri mahasiswa, hasil dari koefisien hubungan dengan menggunakan rumus Pearson’s Product Moment yaitu 0,425. R square yang diperoleh sebesar 0,18 yang artinya 18% variasi eksistensi diri mahasiswa dipengaruhi oleh penggunaan instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 077
NIM/NIDN Creators: 44113010021
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM, MAHASISWA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 May 2017 13:33
Last Modified: 21 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33951

Actions (login required)

View Item View Item