PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT, DAN KESADARAN HUKUM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN DI DKI JAKARTA

TAWAKAL, IQBAL BAGUS (2017) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT, DAN KESADARAN HUKUM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN DI DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.cover.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB II)
4.bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
5.bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6.bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7.bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.daftar pustaka & lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Persuasif, Iklan Layanan Masyarakat dan Kesadaran Hukum terhadap Tingkat Kecelakaan di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap 168 responden dengan syarat responden pengendara roda dua atau roda empat yang telah memiliki Surat Ijin Mengemudi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel. Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa variabel Komunikasi Persuasif berpengaruh signifikan terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 5,88, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya komunikasi secara persuasif dalam mengajak masyarakat untuk berhati – hati dan aman dalam berkendara bisa menekan angka kecelakaan. Variabel Iklan Layanan Masyarakat berpengaruh signifikan juga terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 6,21, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, iklan layanan masyarakat mampu mempengaruhi pengendara untuk lebih berhati-hati dalam berkendara,serta hal ini akan berdampak pada menurunya angka kecelakaan di jalan raya. . Variabel Kesadaran Hukum juga berpengaruh signifikan terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 4,80, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, kesadaran hukum pengendara pada saat mengemudi bisa menekan angka kecelakaan. Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.This study aims to determine the effect of Persuasive Communication, Public Service and Legal Awareness of the accident rate in Jakarta. This study was conducted on 168 respondents on condition respondent riders of two-wheel or four-wheel already have a driver's license. The sampling technique used was purposive sampling, while analysis tools used Structural Equation Modeling (SEM) on lisrel Program. Hypothesis Testing results showed that the variables significantly influence the Persuasive Communication Traffic Accident variables. This is indicated by the value of the t-value of 5.88, greater than t-table 1.96. That is persuasive communication in the call for people to be carefully and safe driving can reduce the number of accidents. Public Service Ads variables also have a significant effect on the variable Traffic Accident. This is indicated by the value of the t-value of 6.21, greater than t-table 1.96. That is, public service announcements able to influence motorists to be more careful in driving, and this will have an impact on the decline in the number of accidents on the highway. , Legal Awareness variables also have a significant effect on the variable Traffic Accident. This is indicated by the value of the t-value of 4.80, greater than t-table 1.96. That is, the legal awareness of motorists when driving could reduce the number of accidents. The research model tested in this study were able to meet the criteria for eligibility testing models.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 17 288
NIM/NIDN Creators: 43113010195
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Iklan Layanan Masyarakat, Kesadaran Hukum, dan Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu > 155.936 Accidents/Kecelakaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Mar 2017 14:45
Last Modified: 28 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item