ANALISIS MANFAAT EKONOMI PENGOPERASIAN REST AREA JALAN TOL MELALUI KERJASAMA BUILD OPERATE OWN (BOO) DENGAN PENDEKATAN PRESENT VALUE PADA PT JASA MARGA (PERSERO) TBK

SASONO ANAS WIJAYA, ENKKY (2016) ANALISIS MANFAAT EKONOMI PENGOPERASIAN REST AREA JALAN TOL MELALUI KERJASAMA BUILD OPERATE OWN (BOO) DENGAN PENDEKATAN PRESENT VALUE PADA PT JASA MARGA (PERSERO) TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
01-Hal Cover.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02-Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
03-BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2)
04-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB 3)
05-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB 4)
06-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB 5)
07-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB 6)
08-BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09-Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Penyelenggaran rest area jalan tol yang membutuhkan nilai investasi cukup besar harus dapat memenuhi ekspektasi para pemangku kepentingan. Bagi operator jalan tol, penyelenggaraan rest area selain sebagai pendukung layanan jalan tol juga harus dapat memberi manfaat ekonomi. Penyelenggaraan rest area pada umumnya dikerjasamakan dengan investor yang memiliki kompetensi di bidangnya. Penerapan kerjasama Build Operate Transfer (BOT) yang selama ini dilakukan oleh operator jalan tol, ternyata tidak memberikan manfaat ekonomi yang maksimal. Hal tersebut terkait dengan diberlakukannya Undang-undang tentang Jalan serta Peraturan Pemerintah tentang Jalan Tol telah menetapkan bahwa operator jalan tol hanya mendapatkan konsesi atas pengoperasian jalan tol selama jangka waktu tertentu, dan menyerahkan kembali seluruh aset jalan tol kepada Pemerintah setelah berakhirnya masa konsesi. Dengan demikian penyerahan aset rest area setelah berakhirnya perjanjian antara operator dan investor menjadi tidak memiliki nilai tambah. Melalui pendekatan nilai sekarang dengan menggunakan beberapa parameter kelayakan investasi : Discounted Payback Period, Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR) dapat dibuktikan bahwa kerjasama Build Operate Owned (BOO) dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi operator jalan tol.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41614310052
Uncontrolled Keywords: Build Operate Transfer (BOT), Rest Area, Payback Period, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.6 Investment/Investasi
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.4 City Planning/Tata Kota
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:41
Last Modified: 20 Nov 2024 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92883

Actions (login required)

View Item View Item