Lumbantoruan, Tiurma (2024) PENGARUH PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DI SHOPEE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
Text (Cover)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-01 Cover - Tiurma Lumbantoruan.pdf Download (658kB) |
|
Text (Bab 1)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan -02 Bab 1 - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text (Bab 2)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-03 Bab 2 - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text (Bab 3)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-04 Bab 3 - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text (Bab 4)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-05 Bab 4 - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
Text (Bab 5)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-06 Bab 5 - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-08 Daftar Pustaka - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text (Lampiran)
44320110029-Tiurma Lumbantoruan-09 Lampiran - Tiurma Lumbantoruan.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini sangat berpengaruh pada ide kreatif dalam sistem pemasaran, untuk itu perusahaan Shopee melakukan berbagai macam bentuk promosi untuk memikat hati pelanggannya baik itu sebagai penjual maupun sebagai pembeli. Salah satu promo yang di berikan Shopee adalah promo gratis ongkir. Dari penelitian yang sudah ada sebelumnya, bahwa promo gratis ongkir ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap Minat Beli, keberhasilan upaya membangun Minat Beli sangat ditentukan oleh strategi promosi yang menarik, yakni dengan adanya gratis ongkir pembeli akan mengeluarkan biaya yang lebih hemat karena tidak perlu membayar biaya pengiriman ketika berbelanja online. Pada penelitian ini menggunakan indikator yang digunakan untuk melakukan penelitian yaitu gratis ongkir yang meliputi, memberikan perhatian, memiliki daya tarik, membangkitkan keinginan membeli, mendorong melakukan pembelian dari Sari, 2019. Sedangkan pada minat beli indikator yang digunakan untuk melakukan penelitian yaitu transaksional, refrensional, prefrensional dan eksploratif dari Ferdinan, 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey berupa kuisioner. Peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik purposive sampling. Responden dari penelitian ini adalah Masyarakat yang tinggal di wilayah Jabodetabek Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dengan minimal usia 17 tahun dan pernah berbelanja di Shopee. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh promo gratis ongkos kirim terhadap minat beli yaitu berpengaruh sebesar 77,5%. The advancement of technology today has a significant impact on creative ideas in marketing systems. For this reason, Shopee has implemented various promotional strategies to attract its customers, both sellers and buyers. One of the promotions offered by Shopee is the free shipping promo. Previous research has shown that this free shipping promotion has a significant influence on purchase interest. The success of efforts to build purchase interest is largely determined by appealing promotional strategies. With free shipping, buyers save money as they do not have to pay shipping fees when shopping online. This study uses indicators related to free shipping, including providing attention, having appeal, stimulating the desire to buy, and encouraging purchases, as referenced by Sari (2019). In terms of purchase interest, the indicators used for this research are transactional, referential, preferential, and explorative, as defined by Ferdinan (2014). The type of research conducted is explanatory research with a quantitative approach. The research method used is a survey method in the form of a questionnaire. The researcher collected primary data by distributing questionnaires to 100 respondents. This research was conducted using purposive sampling techniques. The respondents for this study were individuals residing in the Jabodetabek area (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), aged 17 and older, who had previously shopped on Shopee. Based on the results of this study, it can be concluded that there is an influence of the free shipping promo on purchase interest, specifically with an impact of 77.5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44320110029 |
Uncontrolled Keywords: | Promo Gratis Ongkos Kirim, Minat Beli, Shopee, Skincare. Free Shipping Promo, Purchase Interest, Shopee, Skincare. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92434 |
Actions (login required)
View Item |