ANALISA PEMILIHAN RUTE PERJALANAN BEKASI-JAKARTA SETELAH BEROPERASINYA TOL BECAKAYU

SHADIQ, JA'FAR (2024) ANALISA PEMILIHAN RUTE PERJALANAN BEKASI-JAKARTA SETELAH BEROPERASINYA TOL BECAKAYU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Transportation is one of the problems that is the key to the success of a city. The city of Bekasi, as the gateway and shelter of the capital of Jakarta, has a high mobility due to the density of the city of Jakarta. The research aims to identify the characteristics and variables that influence the traveler to be able to determine the toll road route from Bekasi city to Jakarta city, the factors that affect the choice of toll route, and also to obtain a model of route choice that can explain the probability and sensitivity if there is a change in its attributes. The data collection was done using offline and online questionnaires. In this study, the survey was conducted using the Logit Binary Ratio method with stated preference. Further, the data from the survey was processed using regression analysis to evaluate the relationship between the response variable, i.e. the choice of the traveler (Y), and the change in the attributes analyzed, the difference in travel costs(X1), and the travel time. (X2). The data analysis was carried out from the questionnaire data distributed to 100 respondents, of whom 70 respondents were tax users Jakarta-Cikampek and 30 respondents tax users Becakayu. The result obtained when the cost attribute changes is that the user of the toll Becakayu will change the toll while the JakartaCikampek toll user will continue to use the toll, and when the time attributes change the users of the tol Becakayo and the Jakarta -Cikempek would prefer to keep using the tolls respectively. Sugegestions in the future need to be further research related to the convenience, feasibility, and facilities on each toll raod. Keywords: Route Selection, Inner City Toll, Becakayu Toll, Binary Logit, Stated Preference Transportasi merupakan salah satu permasalahan yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kota. Kota Bekasisebagai pintu gerbang dan penyangga ibukota Jakarta memiliki mobilitas yang tinggi karena padatnya kota Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan agar dapat menentukan rute jalan tol dari kota Bekasi menuju kota Jakarta, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan rute jalan tol, dan juga untuk memperoleh model pilihan rute yang dapat menjelaskan probabilitas dan sensitivitas jika terjadi perubahan pada atributnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan survei kuesioner secara offline dan online. Dalam penelitian ini, dilakukan survei dengan menggunakan metode Logit Biner Nisbah dengan preferensi stated preference. Selanjutnya, data dari survei tersebut diolah dengan menggunakan analisis regresi untuk mengevaluasi hubungan antara variabel respon, yaitu pilihan pelaku perjalanan (Y), dengan perubahan atribut-atribut yang dianalisis yaitu selisih biaya perjalanan (X1), dan waktu perjalanan (X2). Analisa data dilakukan dari data kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, dimana 70 responden pengguna tol Jakarta-Cikampek dan 30 responden pengguna tol Becakayu. Hasil yang diperoleh bila atribut biaya berubah adalah pengguna tol Becakayu akan beralih tol sedangkan pengguna tol Jakarta-Cikampek akan tetap menggunakan tolnya, dan apabila atribut waktu berubah pengguna tol Becakayu dan Jakarta-Cikampek lebih memilih untuk tetap menggunakan tolnya masingmasing. Saran kedepannya perlu dilakukan penelitian lanjut terkait kenyamanan, kelayakan, dan fasilitas pada tiap-tiap jalan tol. Kata Kunci: Pemilihan Rute,Tol Dalam Kota, Tol Becakayu, Logit Biner, Stated Preference.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 24 169
NIM/NIDN Creators: 41118010067
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Rute,Tol Dalam Kota, Tol Becakayu, Logit Biner, Stated Preference.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olah Raga Luar Ruangan > 796.7 Driving Motor Vehicles/Bermotor > 796.79 Travel For Pleasure by Mobile Home/Mengendarai Perjalanan Menggunakan Mobil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:12
Last Modified: 09 Oct 2024 08:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92354

Actions (login required)

View Item View Item