TINDAKAN VERBAL ABUSE PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND (Studi Kasus Umpatan Kasar Pemain Game Online Mobile Legend Pada Kalangan Remaja)

SAPUTRA, BAGAS ADJIE (2024) TINDAKAN VERBAL ABUSE PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND (Studi Kasus Umpatan Kasar Pemain Game Online Mobile Legend Pada Kalangan Remaja). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

In communicating, one should pay attention to language ethics and aesthetics. However, in the digital era, communication is no longer highlighted as an activity that must be ethical. As online game players who heed the use of crude and vulgar swearing in order to destroy the opponent's mentality or aim to vent emotions or other intentions in issuing these sentences. The question then arises when it is considered normal in the ears of teenagers. Therefore, the purpose of this study is to find out what verbal abuse actions and swearing are often thrown by players, and also find out the response from certain teenagers. This research is a qualitative type with a constructivism paradigm, the theory used is Case Study Theory. The analysis method used is reception analysis, used to explain how teenagers interpret rude swearing in the Mobile Legend game: Bang Bang! and also look for the other side of how rude swearing can be accepted in the non-gamer community. The data collection technique used in-depth interviews with six informants. The results of this study are aimed at finding out the use of verbal abuse violence with harsh abuse has another meaning in the meaning of the word, even though it sounds this sentence is not ethical to say from someone's mouth but for some people who understand this meaning can accept what is said. This is influenced by the high intensity of play and the desire of each player to win every match. In certain contexts, harsh swearing is not only done to bring down the opponent's mentality, but can also be used to spur the enthusiasm of teammates in the game. But often the harsh swearing done by players is unacceptable to their own opponents or friends, causing each other to swear back. Keywords: Study Case, Hate Speech, Mobile Legend : Bang Bang!, Teenager Dalam berkomunikasi, sudah seharusnya memperhatikan etika dan estetika bahasa. Namun perkembangannya di era digital, komunikasi tidak lagi ditonjolkan sebagai sebuah aktivitas yang harus beretika. Sebagaimana para pemain game online yang mengindahkan penggunaan umpatan kasar dan vulgar guna menghancurkan mental lawan ataupun bertujuan untuk meluapkan emosi maupun maksud lain dalam mengeluarkan kalimat tersebut. Pertanyaan kemudian muncul dengan ketika hal tersebut dianggap dianggap biasa di telinga kalangan remaja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan verbal abuse apa saja dan umpatan apa saja yang sering di lontarkan oleh para pemain, dan juga mengetahui respon tersebut dari kalangan remaja tertentu. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, Teori yang digunakan yaitu Teori Studi Kasus. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis resepsi, digunakan untuk memaparkan bagaimana kalangan remaja dalam memaknai umpatan kasar didalam permainan Mobile Legend : Bang Bang! dan juga mencari sisi lain bagaimana Umpatan kasar dapat diterima dimasyarakat non pemain game. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam terhadap enam orang informan. Hasil penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui penggunakan kekerasan verbal abuse dengan Umpatan kasar memiliki arti lain dalam pemaknaan katanya, walaupun terdengar kalimat ini tidak etis untuk terucap dari mulut seseorang tapi bagi sebagian orang yang memahami makna tersebut dapat menerima apa yang diucapkan. Hal ini dipengaruhi oleh intensitas bermain yang tinggi serta keinginan setiap pemain untuk memenangkan di setiap pertandingan. Dalam konteks tertentu Umpatan kasar bukan hanya dilakukan untuk menjatuhkan mental lawan saja, tetapi juga dapat digunakkan untuk memacu semangat dari rekan satu team yang ada didalam permainan. Tetapi sering kali umpatan kasar yang dilakukan oleh pemain tidak dapat diterima oleh lawan atau teman sendiri sehingga menimbulkan saling balas untuk melakukan umpatan kasar Kata Kunci : Studi Kasus, Umpatan Kasar, Mobile Legend : Bang Bang!, Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 100
NIM/NIDN Creators: 44117010004
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Umpatan Kasar, Mobile Legend : Bang Bang!, Remaja
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.6 Methods of Instruction and Study/Metode Instruksi dan Studi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:22
Last Modified: 07 Oct 2024 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92268

Actions (login required)

View Item View Item