RAMADHAN, ILHAM (2024) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN FINISHING DIKETINGGIAN DENGAN METODE HIRARC. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA.
|
Text (COVER)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 01 Cover.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (BAB 2)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text (BAB 3)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text (BAB 4)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text (BAB 5)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41117320012 - ILHAM RAMADHAN - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penyebab Kecelakaan kerja dibagi menjadi 5 bagian, yaitu faktor manusia, mesin, material, dan metode. Selain itu kecelakaan juga dikelompokan menjadi 2 yaitu pada kondisi tidak aman (unsafe condition) dan tindakan tidak aman (unsafe action). Seringkali tindakan seseorang melanggar aturan yang telah ditetapkan pada SMK3 dapat mengakibatkan bahaya pada diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan karena terjadinya kecelakaan kerja yang berisiko tinggi pada pekerjaan finishing diketinggian. Setiap pekerjaan yang dilakukan diarea ketinggian dilakukan identifikasi bahaya, terdapat 35 variabel identifikasi bahaya yang diperoleh untuk dilakukan pencegahan kecelakaan kerja dengan metode Hazard Identification, Risk Assesment and Risk Control (HIRARC). Selanjutnya 35 variabel identifikasi bahaya tersebut divalidasi oleh pakar yang disetujui menjadi 30 variabel identifikasi bahaya yang kemudian dilakukan penilaian risiko. Kategori penilaian risiko menjadi 1 variabel bahaya kecelakaan kerja berisiko rendah, 17 variabel bahaya kecelakaan berisiko sedang dan 12 variabel bahaya kecelakaan kerja berisiko tinggi. 12 variabel bahaya tersebut perlu dilakukan pengendalian risiko dengan upaya pemasangan rambu – rambu bahaya, pemasangan railing safety, pengawasan pekerjaan oleh safetyman agar tidak terjadi aksi diluar prosedur dan memakai APD lengkap berikut dengan full body harness.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41117320012 |
Uncontrolled Keywords: | Work Accidents, Unsafe Conditions, Unsafe Actions, HIRARC |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 110 Metaphysics/Metafisika > 111 Ontology/Hakekat, Kebenaran, Eksistensi > 111.1 Existence, Essence, Substance, Accidents/Keberadaan, Esensi, Zat, Kecelakaan 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu > 155.936 Accidents/Kecelakaan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:30 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92053 |
Actions (login required)
View Item |