PENGARUH KONTEN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DOKTER GIGI (SURVEY TERHADAP PENGIKUT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DOKTERGIGI_)

Kamila, Restu (2024) PENGARUH KONTEN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DOKTER GIGI (SURVEY TERHADAP PENGIKUT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DOKTERGIGI_). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
44319110067-Restu Kamila-01 Cover - Restu Kamila.pdf

Download (745kB)
[img] Text (Bab 1)
44319110067-Restu Kamila-02 Bab 1 - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (Bab 2)
44319110067-Restu Kamila-03 Bab 2 - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
44319110067-Restu Kamila-04 Bab 3 - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text (Bab 4)
44319110067-Restu Kamila-05 Bab 4 - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
44319110067-Restu Kamila-06 Bab 5 - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44319110067-Restu Kamila-08 Daftar Pustaka - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (Lampiran)
44319110067-Restu Kamila-09 Lampiran - Restu Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

Sejalan dengan berkembangnya teknologi saat ini, tentunya segala sesuatu telah mengalami perubahan akibat perkembangan tren digital. Di era digital seperti sekarang ini, pelaku usaha di segala industri perlu melakukan inovasi dalam promosinya, tak terkecuali klinik dokter gigi. Klinik dokter gigi harus paham dan mengikuti trend perkembangan yang sedang terjadi saat ini dan di masa yang akan mendatang dalam situasi yang kompetitif. Pada penelitian ini menggunakan indikator yang digunakan untuk melakukan penelitian yaitu viral marketing yang meliputi: messenger, message, dan environment. Sedangkan pada minat berkunjung, indikator yang digunakan untuk melakukan penelitian yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, serta minat eksploratif. Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Peneliti mengumpulkan data secara primer dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik purposive sampling. Responden dari penelitian adalah pengikut media sosial Instagram @doktergigi_. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada pengaruh viral marketing terhadap minat kunjung konsumen @doktergigi_ sebesar 66,2%. In line with the development of current technology, of course everything has changed due to the development of digital trends. In today's digital era, business actors in all industries must innovate their promotions, including dentist clinics. Dental clinics must understand and follow current and future development trends in a competitive situation. This research, the indicators used to conduct the research are viral marketing which includes: messenger, message, and environment. Meanwhile, regarding visiting interest, the indicators used to conduct research are transactional interest, referential interest, preferential interest and exploratory interest. The type of research used is correlational research with a quantitative approach. The research method used is the survey method. Researchers collected data primarily by distributing questionnaires to 100 respondents. This research was carried out using a data collection technique, namely purposive sampling technique. The respondents of this research were followers of the Instagram social media @doktergigi_. Based on the research results, it's concluded that there was an influence of viral marketing on consumer interest in visiting @doktergigi_ by 66,2%.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44319110067
Uncontrolled Keywords: viral marketing, minat berkunjung, dokter gigi, Instagram. viral marketing, interest in visiting, dentist, Instagram.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ANISA DESI SAFITRI
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:02
Last Modified: 18 Sep 2024 03:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91498

Actions (login required)

View Item View Item