STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PERDANA JATIPUTRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA TAHUN 2020-2022

Rinawati, Fransiska (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PERDANA JATIPUTRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA TAHUN 2020-2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
44317110013-FRANSISKA RINA-01 Cover - Fransiska Rina.pdf

Download (530kB)
[img] Text (Bab 1)
44317110013-FRANSISKA RINA-03 Bab 1 - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (Bab 2)
44317110013-FRANSISKA RINA-04 Bab 2 - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (Bab 3)
44317110013-FRANSISKA RINA-05 Bab 3 - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (Bab 4)
44317110013-FRANSISKA RINA-06 Bab 4 - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
44317110013-FRANSISKA RINA-07 Bab 5 - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44317110013-FRANSISKA RINA-09 Daftar Pustaka - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (Lampiran)
44317110013-FRANSISKA RINA-10 Lampiran - Fransiska Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

This research aims to determine the marketing communication strategy of PT. Perdana Jatiputra in its efforts to increase Brand Awareness among its customers in 2020. This research uses the constructivist paradigm because researcher wants to get a development of understanding that helps the process of interpreting an event or case, where this is done in research related to the marketing communication strategy of PT. Perdana Jatiputra in increasing Brand Awareness. This research method uses a qualitative research approach. This research uses a case study approach, because marketing communication strategy research increases Brand Awareness by researcher who will dig deeper and more accurate information. The case study approach is an approach that is almost the antithesis of the notion that places observation and objectivity in discovering a reality or science (Umanailo, 2019). The results of this study reveal that the strategy used by PT. Perdana Jatiputra is a Push strategy in which sales promotions use incentives and a Pull strategy that uses advertising, promotions and other forms of communication to persuade consumers to get Konica Minolta machine products. However from a marketing perspective, there is still a lack of sales staff to follow up promotions from government programs, namely e-catalogs but there are several aspects of the strengths possessed by PT. Perdana Jatiputra such as PT. Perdana Jatiputra is already classified as a big company, so the brand name is already quite well-known. Nevertheless, it's just that in terms of promotion digital advertising are minimal. In the social media aspect, to increase Brand Awareness, PT. Perdana Jatiputra uses platforms such as Facebook and Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran PT. Perdana Jatiputra dalam upayanya meningkatkan Brand Awareness pada para pelanggannya di tahun 2020. penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis karena peneliti ingin mendapatkan pengembangan atas pemahaman yang membantu proses interpertasi suatu peristiwa atau kasus, dimana hal ini dilakukan pada penelitian terkait dengan strategi komunikasi pemasaran PT. Perdana Jatiputra dalam meningkatkan brand awareness. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, karena penelitian strategi komunikasi pemasaran meningkatkan Brand Awareness oleh peneliti akan jauh lebih mendalam menggali informasinya dan lebih akurat. Pendekatan studi kasus, yaitu pendekatan yang hampir merupakan antitesis dari paham yang meletakkan pengamatan dan objektivitas dalam menemukan suatu realitas atau ilmu pengetahuan. (Umanailo, 2019). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi yang digunakan oleh PT. Perdana Jatiputra yaitu strategy push yang dimana promosi penjualan menggunakan insentif dan serta strategi pull yang menggunakan iklan, promosi, dan bentuk komunikasi lain untuk membujuk konsumen untuk mendapatkan produk mesin Konica Minolta. Namun dari segi pemasarannya, masih kurangnya tenaga sales untuk memfollowup promosi dari program pemerintah yaitu e-catalog tetapi ada beberapa aspek kekuatan yang dimiliki oleh PT. Perdana Jatiputra seperti Perdana Jatiputra sudah tergolong perusahaan besar, jadi untuk nama merek sudah lumayan terkenal. Meskipun demikian dari segi promosi secara digital ads yang minim. Dalam aspek sosial media, untuk meningkatkan Brand Awareness, PT. Perdana Jatiputra menggunakan Platform seperti Facebook dan Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317110013
Uncontrolled Keywords: Strategy Marketing Communication, Social Media, Sales Promotion, Brand Awareness Strategi Komunikasi Pemasaran, Social Media, Sales Promotion, Brand Awareness
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:49
Last Modified: 23 Aug 2024 07:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90659

Actions (login required)

View Item View Item