PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP KEPUTUSAN BERLANGGANAN DISNEY PLUS HOTSTAR

Bakrie, Syafira Miranda (2024) PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP KEPUTUSAN BERLANGGANAN DISNEY PLUS HOTSTAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (COVER)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-01 Cover - Syafira Miranda.pdf

Download (607kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-02 Abstrak - Syafira Miranda.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB I)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-03 BAB 1 - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-04 BAB 2 - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-05 BAB 3 - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-06 BAB 4 - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB V)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-07 BAB 5 - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-08 Daftar Pustaka - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-09 Lampiran - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
44320010089-Syafira Miranda Bakrie-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Syafira Miranda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penggunaan media sosial di masa sekarang membuat perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai saranaa komunikasai pemasaran. Hasil survei We Are Social dan Hootsuit yang diunggah oleh GoodStat, Youtube menempati posisi pertama sebagai platform media sosial dengan pengguna aktif terbanyak pada tahun 2023. Hal ini yang mendorong berbagai perusahaan untuk beriklan di Youtube, salah staunya ialah Disney Plus Hotstar. Penelitian ini berfokus untuk membahas tentang hubungan efektivitas iklan di Youtube dan hubungannya dengan keputusan berlangganan Disney Plus Hotstar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengukur dan menjelaskan pengaruh efektivitas iklan di Youtube terhadap keputusan berlangganan Disney Plus Hotstar. Penelitian ini menggunakan teori AISAS (Attention, Interest, Search Action, and Share) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei yang dilakukan pada 100 responden menggunakan teknik purposive sampling dari non-probability sampling. Populasi penelitian ini ialah pengguna Disney Plus Hotstar di Indonesia yang datanya diambil dari Semrush pada tahun 2023 di mana populasi sejumlah 4,3 Juta pelanggan Disney Plus Hotstar di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh efektivitaas iklan di Youtube terhadap keputusan berlangganan Disney Plus Hotstar di mana efektivitas iklan di Youtube memiliki pengaruh sebesar 60,4% terhadap keputusan berlangganan Disney Plus Hotstar dengan sisanya, yaitu sebesar 39,6% merupakan faktor lain yang mempengaruhi keputusan berlanganan Disney Plus Hotstar yang tidak diteliti dalam penelitian ini. The rapid growth of social media usage in the present era has led companies to utilize social media as a means of marketing communication. According to a survey by We Are Social and Hootsuite uploaded by GoodStat, YouTube occupies the top position as the social media platform with the highest number of active users in 2023. This has prompted various companies to advertise on YouTube, one of which is Disney Plus Hotstar. This study focuses on discussing the relationship between the effectiveness of advertising on YouTube and its connection to Disney Plus Hotstar subscribe decision. The aim of this research is to measure and explain the influence of advertising effectiveness on YouTube on the subscribe decision to Disney Plus Hotstar. This research employs the AISAS theory (Attention, Interest, Search Action, and Share) and adopts a quantitative approach. The research method used is a survey conducted on 100 respondents using purposive sampling technique from non-probability sampling. The population of this research is 4,3 million of Disney Plus Hotstar subscribers in Indonesia, with data collected from Semrush in the 2023. The results of this research indicate that there is an influence of advertising effectiveness on YouTube on the subscribe decision to Disney Plus Hotstar, where advertising effectiveness on YouTube has a 60.4% influence on the subscribe decision to Disney Plus Hotstar, with the remaining 39.6% being other factors that influence the subscribe decision to Disney Plus Hotstar that were not examined in this study.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44320010089
Uncontrolled Keywords: Efektvitas Iklan, Youtube, Keputusan Berlangganan, Disney Plus Hotstar advertising effectiveness, Youtube, subscribe decision, Disney Plus Hotstar
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:13
Last Modified: 14 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90225

Actions (login required)

View Item View Item