PERBANDINGAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN C4.5 DALAM KLASFIKASI PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN TABUNGAN BANK XYZ

DAFFAUZAN, MOHAMMAD FARRAS (2024) PERBANDINGAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN C4.5 DALAM KLASFIKASI PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN TABUNGAN BANK XYZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
TALK+41520010220+MOHAMMADFARRASDAFFAUZAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Classification of savings product sales target achievement at Bank XYZ SubBranch Offices (KCP) using the Naïve Bayes and C4.5 algorithms. With attention to the rapid growth in the banking industry, increasing product sales targets is the main challenge faced by Bank XYZ. The use of data mining, especially classification algorithms, is a strategy to increase the effectiveness of savings product sales. Historical data on sales of savings products from Bank XYZ is used in this case study, with the data preprocessed and visualized for better analysis. The evaluation results show that the C4.5 algorithm provides higher accuracy (95.1%) compared to Naïve Bayes (78.32%). In addition, evaluation using precision, recall, and F1-score metrics shows better performance of the C4.5 algorithm in classifying both classes (0 and 1) with higher precision, recall, and F1-score. Thus, the use of the C4.5 algorithm is more recommended for classifying the achievement of savings product sales targets at XYZ Bank Sub-Branch Offices, because it provides better results compared to Naïve Bayes. This research provides valuable insight for Bank XYZ in designing more effective sales strategies to increase the achievement of sales targets for its savings products. Keywords: C4.5 algorithm; Naive Bayes algorithm; Classification Klasifikasi pencapaian target penjualan produk tabungan pada Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank XYZ menggunakan algoritma Naïve Bayes dan C4.5. Dengan perhatian terhadap pertumbuhan pesat dalam industri perbankan, peningkatan target penjualan produk menjadi tantangan utama yang dihadapi Bank XYZ. Penggunaan data mining, khususnya algoritma klasifikasi, menjadi strategi untuk meningkatkan efektivitas penjualan produk tabungan. Data historis penjualan produk tabungan dari Bank XYZ digunakan dalam studi kasus ini, dengan data yang telah dipreproses dan divisualisasikan untuk analisis yang lebih baik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa algoritma C4.5 memberikan akurasi yang lebih tinggi (95,1%) dibandingkan dengan Naïve Bayes (78,32%). Selain itu, evaluasi menggunakan metrik precision, recall, dan F1-score menunjukkan kinerja yang lebih baik dari algoritma C4.5 dalam mengklasifikasikan kedua kelas (0 dan 1) dengan precision, recall, dan F1-score yang lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan algoritma C4.5 lebih disarankan untuk mengklasifikasikan pencapaian target penjualan produk tabungan pada Kantor Cabang Pembantu Bank XYZ, karena memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan Naïve Bayes. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi Bank XYZ dalam merancang strategi penjualan yang lebih efektif untuk meningkatkan pencapaian target penjualan produk tabungannya. Kata Kunci : Algoritma C4.5; Algoritma Naive Bayes; Klasifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 24 120
Call Number: SIK/15/24/084
NIM/NIDN Creators: 41520010220
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4.5; Algoritma Naive Bayes; Klasifikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:19
Last Modified: 02 Aug 2024 05:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89999

Actions (login required)

View Item View Item