PENGARUH DIGITALISASI TERHADAP PERBAIKAN NILAI OEE DI CTCM DENGAN METODE DMAIC (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Besi dan Baja)

Sinaga, Irvan Mangarihontua (2021) PENGARUH DIGITALISASI TERHADAP PERBAIKAN NILAI OEE DI CTCM DENGAN METODE DMAIC (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Besi dan Baja). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB 6)
8. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

CTCM merupakan salah satu unit proses produksi di divisi Cold Rolling Mill di salah satu perusahaan manufaktur baja yang memiliki fungsi mereduksi strip dari ketebalan 2-5mm ke ketebalan 0,2-3mm. Semenjak CTCM berganti PLC dari Alstom ke ABB operator roll coolant kesulitan untuk mendapatkan setting TOC yang diinginkan karena indikator meter pada HMI tidak aktif. Sedangkan power meter analog di panel operator kondisinya sudah tidak layak. Hal ini menyebabkan operator harus aktif untuk melakukan proses adjust di komponen roll coolant dan pengecekan actual TOC di area oil cellar TCM. Selain itu masalah komponen analog yang obsolete yang menyebabkan proses troubleshooting menjadi lama. Proses troubleshooting lama tersebut juga menimbulkan breakdown produksi karena pompa di tanki mixing berada pada posisi off. Hal tersebut juga menyebabkan perhitungan nilai OEE pada hari ini itu sebesar 44% dimana jauh dari target perusahaan sebesar 60%. Oleh karena itu penulis sepakat untuk melakukan penelitian guna mengurangi problem breakdown produksi. Proses penggantian komponen yang sudah obsolete dari system analog ke system digital dengan tujuan mengurangi delay produksi dan melakukan penghematan budget hasil penerapan digitalisasi control metering. Metode DMAIC dipilih oleh tim maintenance karena metode ini paling cocok untukmenganalisa, mengukur dan memberikan solusi perbaikan terhadap permasalahan yang terjadi di lini produksi CTCM. Alhasil setelah metode DMAIC diterapkan dari sisi produktivitas meningkat dengan menunjukkan nilai OEE sebesar 63,8% karena spare card digital aman selama 15 tahun dan terdapat potensi penghematan biaya sebesar Rp 52.700.000 apabila proses digitalisasi ini diterapkan pada beberapa permasalahan yang terjadi di line produksi CTCM. Kata Kunci : Perhitungan OEE, DMAIC, Digitalisasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41616320047
Uncontrolled Keywords: Perhitungan OEE, DMAIC, Digitalisasi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:23
Last Modified: 22 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89689

Actions (login required)

View Item View Item