ANALISIS TORSI PADA KENDARAAN BARANG YANG TERPASANG SEMI-AUTOMATIC CLUTCH CONTROL SYSTEM (SCCS)

ROYANI, FEBRY (2017) ANALISIS TORSI PADA KENDARAAN BARANG YANG TERPASANG SEMI-AUTOMATIC CLUTCH CONTROL SYSTEM (SCCS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Kendaraan harus dapat dioperasikan atau dijalankan pada berbagai kondisi jalan sehingga mesin sebagai penggerak utama untuk menggerakkan seluruh beban kendaraan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan atau kondisi jalan. Misalnya, pada saat jalan mendaki, kendaraan membutuhkan momen puntir (torsi) yang besar, namun kecepatan atau laju kendaraan yang dibutuhkan rendah. Dalam mendistribusikan barang ke tempat tujuan, kendaraan harus memuat barang yang banyak dan berat sehingga kendaraan harus memiliki nilai torsi yang cukup untuk bergerak dengan baik, maka semakin besar beban yang diangkut sehingga diperlukan torsi yang besar pula. Maka diperlukan suatu cara untuk memperoleh nilai torsi yang lebih besar dengan membuat sistem kopling semi otomatis. Metode pengujian dilakukan dengan perbandingan antara menggunakan alat Semi-automatic Clutch Control System (SCCS) dan tidak menggunakan alat Semi-automatic Clutch Control System (SCCS) terhadap nilai torsi dan daya dengan beban yang berbeda-beda. Hasil pengujian terhadap nilai torsi dengan pembebanan 20% sebesar 0,704 Nm, pembebanan 40% sebesar 0,735 Nm dan pembebanan 60% sebesar 0,755 Nm. Hasil pengujian terhadap nilai daya dengan pembebanan 20% sebesar 0,213 kW , pembebanan 40% sebesar 0,209 kW dan pembebanan 60% sebesar 0,214 kW. Penggunaan alat Semi-automatic Clutch Control System (SCCS) yang ditempatkan pada Hino Dutro 110 SD menghasilkan hasil yang positif karena tidak mengurangi kemampuan kendaraan dilihat dari nilai torsi dan daya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 17 149
NIM/NIDN Creators: 41313010032
Uncontrolled Keywords: Torsi, Daya Kuda, Berat Kotor Kendaraan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:34
Last Modified: 11 Jul 2024 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89462

Actions (login required)

View Item View Item