ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM PERSAINGAN BISNIS (Studi Kasus di UMKM Rokupang Citeureup)

Atmojo, Panji Sukmo (2024) ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM PERSAINGAN BISNIS (Studi Kasus di UMKM Rokupang Citeureup). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41318320002 - Airil Mahmud - 02 Cover.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41318320002 - Airil Mahmud - 03 Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41318320002 - Airil Mahmud - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2)
41318320002 - Airil Mahmud - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB 3)
41318320002 - Airil Mahmud - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
41318320002 - Airil Mahmud - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB 5)
41318320002 - Airil Mahmud - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41318320002 - Airil Mahmud - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41318320002 - Airil Mahmud - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (JURNAL)
41318320002 - Airil Mahmud - 11 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rokupang Citeureup merupakan suatu usaha dagang yang bidang usahanya berupa industri makanan ringan. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha roti yang sama bermunculan maka Rokupang Citeureup dituntut untuk membuat sebuah rancangan strategi yang memberikan nilai lebih kepada customer. Diketahui data jumlah perkembangan UMKM Roti di Kabupaten Bogor selalu meningkat dari tahun 2014-2018 menjadi 73 UMKM Roti di Kabupaten Bogor. Melihat permasalahan tersebut maka, penelitian dengan metode Blue Ocean Strategy digunakan untuk merancang sebuah strategi yang berfokus menciptakan ruang pasar baru dengan alat analisis kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Berdasarkan hasil perhitungan tabel EFAS dan IFAS maka Rokupang Citeureup berada pada sumbu Kuadran III dengan cara Mengubah Strategi. Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan maka strategi yang perlu diterapkan Rokupang Citeureup adalah strategi inovasi nilai berupa menu baru menu baru brand minuman, strategi adanya sistem Dine-in dan strategi adanya sistem pembelian menggunakan uang digital seperti (ovo,gopay dan shopeepay). Selain itu juga perlu mengurangi atribut nilai pembeli yang ternyata selama ini menjadi ajang persaingan yaitu harga produk, sedangkan atribut yang perlu ditingkatkan adalah kualitas produk, kualitas bahan, inovasi produk dan kenyamanan tempat.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41616320119
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy (BOS), Inovasi Nilai, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.4 Industrial Buildings/Bangunan Industri
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:39
Last Modified: 15 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87173

Actions (login required)

View Item View Item