ASOTI, AFRIDA AYU (2017) MAINAN BONGKAR PASANG DARI PEMANFAATAN LIMBAH SPARE PART MOTOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
Abstract
Dari bengkel sepeda motor menghasilkan banyak limbah berupa sparepar. BiasaNya dijual dengan harga yang murah. Ilmu desain memiliki manfaat untuk memberikan nilai tambah (adding value) pada benda tersebut baik secara Fungsi, Estetika dan Sistem. Maupun secara ekonomi limbah dari bengkel biasanya berupa berbagai jenis sparepart. Pengolahan limbah menjadi bahan baku mengurangi dengan konsep (Re-use dan Recycle) dapat mengurangi Reduce. Konsumsi sumber daya alam, secara fungsi limbah tersebut dapat diolah menjadi fungsi baru (mainan). Secara estetika limbah tersebut harus menghilangkan sifat aslinya namun tetap meninggalkan jejak bahwa benda yang di desain adalah hasil dari pemanfaatan limbah. Secara system limbah sparepart tersebut dapat di padu padankan dengan limbah sparepart lainnya atau dengan material baru dengan jumlah yang lebih sedikit. Ketiga hal tersebut pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan nilai benda secara ekonomis. Benda yang di desain (mainan) ini dapat menjadi mainan yang dimainkan (bongkar pasang) atau mejadi mainan figurative. Tuntutan dari mainan tersebut membuka kemungkinan untuk mengkombinasikan limbah sparepart dengan limbah sparepart lainnya ataupun dengan material baru, sedangkan secara bentuk digunakan prinsip stilasi (penyederhanaan bentuk) karena bentuk yang sama persis tidak dapat dicapai, namun hal ini justru membuat peluang untuk menghasilkan bentuk baru yang iconic. Namun ada hal yang belum di eksplorasi yaitu tentang bagaimana setiap elemen dari satu jenis mainan dapat juga berinteraksi dengan jenis mainan lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FDSK/DP. 17 065 |
NIM/NIDN Creators: | 41913110026 |
Uncontrolled Keywords: | PEMANFAATAN LIMBAH |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 771 Techniques and Procedures/Teknik Seni Fotografi dan Foto, Prosedur Seni Fotografi dan Foto > 771.4 Darkroom and Studio Practice/Proses Pencucian dan Pencetakan Foto di Studio dan Kamar Gelap > 771.47 Waste Technology/Limbah |
Divisions: | Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk |
Depositing User: | SHAFAUSSARIRAH |
Date Deposited: | 09 Mar 2024 09:21 |
Last Modified: | 09 Mar 2024 09:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87011 |
Actions (login required)
View Item |