PRASTYO, ZULKARNAIN (2017) PENINGKATAN SASARAN MUTU DAN PROSES MONITORING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA GUNA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN UNIT REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT XYZ TANGERANG SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
TA - BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (BAB II)
TA - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text (BAB III)
TA - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text (BAB IV)
TA - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
TA - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text (BAB VI)
TA - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
TA - DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
Abstract
Persaingan industri kesehatan semakin meningkat, dimana pada tahun 2012 terdapat lebih dari 2.000 rumah sakit di indonesia. Rumah Sakit XYZ adalah salah satu perusahaan multinasional industri kesehatan diharapkan dapat memenangkan persaingan melalui peningkatan kualitas jasa. Peningkatan sasaran mutu dan proses monitoring pada Rumah Sakit XYZ khususnya unit rekam medis diharapkan dapat mengefektifkan pencapaian target pada sasaran mutu dan proses monitoring sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan sasaran mutu dan proses monitoring dengan menggunakan PDCA guna meningkatkan mutu pelayanan unit rekam medis di rumah sakit XYZ. Penelitian ini dilakukan melalui: (1) Tahap Plan: (a) menentukan tema permasalahan, (b) menetapkan target, (c) menganalisis sebab-sebab yang mengakibatkan masalah, (d) menentukan sebab-sebab yang paling dominan, (2) Tahap Do melaksanakan rencana perbaikan, (3) Tahap Check memeriksa kegiatan perbaikan/usulan, (4) Tahap Action mengambil tindakan terhadap hasil-hasil dari tahap check. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil: (1): (a) Pencapaian target tidak tercapai pada sasaran mutu sebesar 88% dalam 3 bulan dan proses monitoring sebesar 94% di bulan maret 2017, (b) Target sasaran mutu dan proses monitoring ditetapkan 95% agar meningkat, (c) X1 (Subjective) menjadi frekuensi tertinggi pada sasaran mutu dan X1(Koding BRM OPD Pagi) menjadi frekuensi tertinggi pada proses monitoring, (d) ketidaklengkapan X1 sebesar 41% pada sasaran mutu dan ketidaktercapaian X1 sebesar 44% pada proses monitoring, (2) Pendekatan Kaizen, 5W+1H pada sasaran mutu dan proses monitoring,(3) Evaluasi dengan diagram fishbone (cause and effect) dengan hasil faktor penyebab sasaran mutu tidak tercapai: faktor manusia, faktor metode dan faktor mesin dan faktor penyebab proses monitoring tidak tercapai: faktor manusia, faktor metode, faktor mesin dan faktor lingkungan, (4) Usulan penerapan/impelementasi pada sasaran mutu dan proses monitoring
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 17 080 |
NIM/NIDN Creators: | 41613110093 |
Uncontrolled Keywords: | mutu pelayanan, PDCA, sasaran mutu dan proses monitoring |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | SHAFAUSSARIRAH |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:50 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:50 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86848 |
Actions (login required)
View Item |